Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Senin Pertama New Normal: Antre Masuk Stasiun KRL, Abai Physical Distancing

Rute perjalanan KRL berubah mulai 28 Mei 2022.Kereta Commuter Line. (dok. Ayobandung)

Topcareer.id – Senin (8//9/2020) ini banyak perusahaan mulai mempekerjakan karyawannya kembali bekerja di kantor. Akibatnya, antrean panjang terjadi di luar stasiun kereta rel listrik (KRL), terutama di Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi menuju Jakarta.

Pantauan Topcareer.id mendapati ratusan orang mengantre untuk masuk stasiun Bogor sejak Senin pagi. Seorang netizen mengunggah foto, terjadi antrian hingga jalur di bawah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di luar stasiun.

Antrian masuk Stasiun Bogor, Senin (8/6/2020) pagi. (dok. Twitter)

Dari foto yang ia unggah di Twitter, terlihat antrian terjadi pada pukul 5.29 pagi. Netizen lain mengunggah terjadi antrian pada pukul 4.50 pagi. Hingga pukul 7 pagi, berbagai stasiun TV melaporkan antrian masih terjadi sampai ratusan meter.

Dari gambar-gambar unggahan berbagai netizen dan laporan media tak tampak antar penumpang tak menjaga jarak aman atau physical distancing.

Antri masuk stasiun KRL, Senin (8/6/2020) pagi.

Untuk masuk stasiun memang diberlakukan prosedur protokol kesehatan. Setiap penumpang, selain diwajibkan pakai masker, dicek suhu sebelum masuk stasiun. Penumpang juga tak boleh langsung masuk. Dalam pengumuman PSBB transisi new normal Kamis pekan kemarin, Gubernir DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan transportasi umum di Jakarta hanya menampung 50 persen kapasitas.

Artinya, di dalam gerbong kereta tak lagi terjadi kepadatan dan berdesak-desakan. Namun, orang yang mengantre masuk stasiun jadi tak terhindarkan. Pihak penyelenggara moda transportasi mengatakan menambah headway dan jumlah armada.

Di KRL, mulai Senin berlaku larangan bagi anak di bawah usia 10 tahun naik kereta dan calon penumpang berusia di atas 60 tahun hanya boleh naik kereta di luar jam sibuk. Di stasiun terlihat anggota TNI membantu mengatur penumpang, namun antrian hari ini adalah sebuah keniscayaan ketika kehidupan new normal telah dimulai. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply