Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Rekomendasi New Normal Industri Penerbangan, Menurut Perdospi

Ilustrasi: Medium

Topcareer.id – Dunia penerbangan Indonesia menjadi salah satu industri jasa yang menjadi lingkungan bisnis paling awal mengalami kontraksi saat datangnya pandemi Covid-19.

Aturan new normal sesuai kebutuhan dan standar kesehatan diharap bisa menyelamatkan bisnis ini dari kebangkrutan permanen.

Dokter Dr Wawan Mulyawan, SpBS(K), SpKP, AAK, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penerbangan Indonesia (Perdospi) mengatakan berbagai regulasi yang mengatur industri penerbangan di tengah pandemi, seharusnya menjadi pedoman koordinasi dan keseragaman penerapan aturan pemerintah pusat dan daerah dalam memberi pembatasan atau kelonggaran dalam penerbangan komersial.

Perdopsi merekomendasikan adanya upaya-upaya terorganisir, sistematis, dan terukur dalam penerapan New Normal di dunia penerbangan, sebagai berikut:

1. Agar pemerintah pusat menjadi pengendali utama dalam pengawasan kekarantinaan kesehatan dan kebijakan skrining kesehatan calon penumpang pesawat komersial terkait Covid-19. 

“Tidak boleh ada penafsiran yang berbeda di lapangan akibat kebijakan pemerintah daerah yang diambil terkait skrining kesehatan calon penumpang di keberangkatan atau pun penumpang di kedatangan di bandara,” jelasnya.

2. Agar semua pemangku kepentingan di dunia penerbangan melakukan upaya-upaya maksimal untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat pengguna jasa penerbangan dalam menerapkan protokol kesehatan dan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah, maupun rekomendasi para ahli.

3. Perdospi merekomendasikan agar seluruh dokumen skrining kesehatan calon penumpang diselesaikan di luar proses check in (dapat di area tertentu bandara atau bahkan  lebih baik di luar bandara) dengan memaksimalkan teknologi internet sebagai sarana  pengumpulan dokumen tersebut.

4. Physical distancing di bandara tetap direkomendasikan untuk dilaksanakan dalam era New Normal. Perdospi meminta kepada penyelenggara bandara menyediakan desain interior yang lebih ramah terhadap konsep physical distancing dan memaksimalkan sistem non-kontak dalam berbagai proses check in dan boarding. Demikian juga hand sanitizer gel  selalu tersedia di berbagai tempat di bandara.

Leave a Reply