Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Jenis Makanan yang Bikin Kulit Kamu Glowing (Bagian 1)

Sumber foto: unileverservices.com

Topcareer.id – Kulit merupakan organ terbesar dan garis pertahanan pertama antara tubuh manusia dan dunia luar. Kulit akan melindungi diri kamu dari bakteri, virus, polusi, dan zat kimia yang ditemui setiap hari.

Seperti dikutip dari veganfoodandliving.com, Senin (8/6/2020), beberapa jenis makanan berikut ini dapat membantumu menjaga kesehatan kulitmu, sekaligus membuatnya tampak glowing.

Bagian pertama dari tulisan.

Makanan kaya omega 3
Terdapat di biji chia dan biji rami, kenari, sayuran berdaun hijau, ganggang, kubis, dan minyak sayur.

Asam lemak esensial yang terkandung dalam makanan kaya omega 3 ini merupakan komponen penting dari membran sel kulit, menjaganya agar elastis dan berfungsi dengan baik, serta menjadi pelembab alami yang membantu mengurangi kekeringan, dan membuat kulit terasa lebih halus kenyal.

Mereka juga mampu untuk mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh, dan bermanfaat dalam kondisi seperti eksim, psoriasis, dan jerawat. Plus omega 3 telah terbukti melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Makanan kaya antioksidan
Terdapat di berry, buah-buahan, sayuran, dan kakao.

Senyawa antioksidan pada makanan ini dapat membantu mengurangi efek kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi. Mereka melindungi kulit terhadap radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel.

Kakao tidak hanya enak, tetapi salah satu unsurnya membantu meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit. Aliran darah ke kulit mempromosikan penyembuhan dari kerusakan akibat sinar matahari dan pembaruan sel.

Selain itu, ia juga mengandung nutrisi yang merawat kulit seperti vitamin C, E, tembaga, seng, dan magnesium.

Makanan kaya vitamin C
Terdapat di paprika, kiwi, stroberi, jeruk, pepaya, brokoli, tomat, kacang polong, dan kangkung.

Vitamin ini dikenal sebagai antioksidan kuat yang tidak hanya melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, tetapi juga dapat mengurangi munculnya bintik-bintik cokelat dan pigmentasi.

Vitamin C diperlukan untuk produksi kolagen. Bersama dengan elastin dan keratin, inilah yang memberi struktur dan elastisitas kulit kamu.

Makanan kaya vitamin E
Tersapat di Kacang almond, biji bunga matahari, bayam, alpukat, ubi jalar, bibit gandum, sayuran berdaun gelap, dan hazelnut.

Vitamin E adalah nutrisi penting lainnya untuk memproduksi kolagen. Vitamin ini bekerja sama dengan vitamin C untuk merangsang pembentukan kolagen yang sehat.

Vitamin E juga merupakan antioksidan utama yang ada pada kulit dan melindungi membran sel dari kerusakan akibat sinar UV dan racun lingkungan.

Makanan kaya vitamin A dan karotenoid
Terdapat di wortel, labu, sayuran berdaun gelap, ubi jalar, labu, lada merah, aprikot, mangga, tomat, dan persik.

Vitamin A mampu memperlambat pergantian sel-sel kulit dan meningkatkan deposisi kolagen, serta memperlambat kerusakan kolagen dan elastin yang berhubungan dengan penuaan. Ini juga dapat meningkatkan tingkat penyembuhan luka dan memperbaiki struktur sel.

Makanan kaya karotenoid dapat dikonversi menjadi retinol (vitamin A aktif) dalam tubuh, dan juga memiliki efek antioksidan pada sel dan kulit.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply