Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Perlu Tahu! 5 Tahapan Menuju New Normal

Topcareer.id – Sebelum menuju new normal, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Nasional atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTTPC19), Prof. Wiku Adisasmito menyebut ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan.

Tahap pertama, yakni prakondisi, di mana setiap wilayah perlu memberikan informasi mengenai pencegahan dan penanganan Covid-19 yang holistik, secara jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat.

“Penyampaian informasi dapat dilakukan oleh berbagai pihak melalui sosialisasi dan komunikasi publik yang efektif,” kata Wiku dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (8/6/2020).

Kemudian, tahap kedua adalah timing. Tahapan ini yang menentukan kapan suatu daerah dapat memulai aktivasi sosial ekonomi dengan memperhatikan data epidemiologi, tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan, kesiapan organisasi dan manajemen di daerah, serta memastikan kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan.

“Tahap ketiga adalah prioritas. Tahapan ini dilakukan untuk memilih daerah atau sektor yang dapat dipulihkan kegiatan sosial-ekonomi secara bertahap, dengan dilakukan simulasi agar kegiatan tersebut dapat berkelanjutan,” tambahnya.

Tahap selanjutnya, yaitu koordinasi pusat dan daerah. Di tahapan ini, akan terjadi konsultasi timbal balik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang sinergis dalam pengambilan keputusan.

Sedangkan untuk tahap kelima, adalah monitoring dan evaluasi, di mana pemerintah setempat perlu melakukan pengawasan, pengendalian, serta evaluasi dari pelaksanaan maupun pemulihan aktivitas sosial-ekonomi.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply