TopCareerID

BMW Perbarui Logo Ikoniknya, Seperti Apa?

Desain logo baru BMW. (dok. Blogbmw)

Topcareer.id – Logo bundar BMW sangat ikonik. Konon, logo itu melambangkan baling-baling pesawat yang berputar di langit biru. Kini, MW baru saja melakukan desain ulang logonya. Seperti apa?

Pembaruan logo ini dilakukan setelah lebih dari dua dekade menggunakan desain dengan tema yang sama.

Logo mobil ternama Jerman ini kini tampil lebih segar dengan mengganti desain cincin hitamnya menjadi lingkaran transparan. Sisanya, termasuk jenis huruf memiliki tampilan yang lebih datar dan lebih modern. Warna biru dan putih tetap dipertahankan dalam cincinnya.

Logo baru digunakan dalam upaya komunikasi BMW, termasuk pada platform media sosial dan situs webnya, desain logo ini dimaksudkan untuk “memancarkan lebih banyak keterbukaan dan kejelasan,” kata Jans Thiemer, wakil presiden senior customer and brand BMW, dikutip CNN. Dia menambahkan bahwa tampilan baru ini juga melambangkan “signifikansi dan relevansi BMW untuk mobilitas dan kesenangan berkendara di masa depan.”

Baca juga: 4 Hypercar Tercepat Di Dunia

Namun seorang juru bicara mengatakan “tidak ada rencana” untuk logo baru ini ditempelkan pada kendaraan produksi masal BMW. Logo baru BMW ini hanya dipasang pada kap mesin BMW Concept i4, sebuah mobil listrik yang ditujukan untuk menyaingi Tesla. Perusahaan mengatakan bahwa desain transparan memberi warna eksterior mobil keunggulan yang lebih besar.

Logo BMW memulai debutnya pada tahun 1917. Perusahaan ini memiliki telah enam logo sepanjang sejarahnya yang berusia 103 tahun, semuanya mirip dengan desain cincin hitam.

Penggemar BMW telah lama berspekulasi bahwa bagian dalam logo terbaru mewakili baling-baling, tetapi BMW menjelaskan bahwa pola putih dan biru sebenarnya mewakili negara bagian asal Jerman Bavaria. “Mitos baling-baling”, seperti yang dijelaskan perusahaan di situs webnya, berasal dari iklan lama perusahaan yang mempromosikan mesin pesawatnya.

Baca juga: Kenaikan Saham Tesla Bikin Elon Musk Bergaji 700 Juta Dollar

Doug Sellers, direktur kreatif eksekutif untuk perusahaan desain Siegel + Gale, mengatakan bahwa logo baru itu merupakan sebuah upgrade dan terasa “lebih terbuka serta dapat diakses” bagi pelanggan yang lebih muda dan mengerti dunia digital.

BMW adalah produsen mobil Jerman kedua dalam enam bulan terakhir untuk mengungkap logo barunya. Volkswagen yang perdana memperkenalkan logo datar barunya di Frankfurt Auto Show dan mengatakan itu adalah “waktu yang tepat untuk membuat sikap baru bagi merek kami agar lebih terlihat oleh dunia luar.” *

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version