Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Kenaikan Saham Tesla Bikin Elon Musk Bergaji 700 Juta Dollar

Bos Tesla, Elon Musk. (dok. The Verge)

Topcareer.id – Saham Tesla naik 86%, itu berarti CEO Elon Musk memenuhi syarat untuk opsi saham senilai lebih dari USD700 juta atau berkisar Rp10,5 triliun. Musk, yang sudah memiliki sekitar 20% dari perusahaan, tidak mendapatkan gaji atau bonus langsung.

Di bawah rencana kompensasi saham yang disetujui oleh pemegang saham pada tahun 2018, ia dapat menerima hingga 20,3 juta opsi saham (kontrak kedua belah pihak yang berisi hak bagi pembeli opsi dalam membeli atau pun menjual asset) pada tahun 2028 jika perusahaan mencapai nilai pasar dan sasaran operasional.

Untuk mendapatkan penghargaan penuhnya, USD50 miliar, Musk harus memimpin Tesla ke kapitalisasi pasar sebesar USD650 miliar pada tahun 2028. Jika dia tidak mencapai tonggak sejarah, menurut pengajuan perusahaan, dia tidak akan dibayar.

Baca Juga: Meski Dihantam Pandemi, Pendapatan Tesla Tumbuh 32 Persen

Ini sudah mencapai dua tujuan operasional pertama, tetapi sampai sekarang belum mencapai target nilai pasar rata-rata USD100 miliar selama periode enam bulan.

Pada 4 November perusahaan itu bernilai USD57 miliar. Tetapi setelah bertahun-tahun mengalami kerugian, perusahaan akhirnya membuktikannya bisa menguntungkan secara berkelanjutan. Pada bulan Januari, ia membukukan laba tahunan pertamanya untuk 2019.

Dan Tesla melaporkan kuartal pertama yang menguntungkan, daripada perkiraan kerugian yang disebutkan oleh para analis, bahkan dalam menghadapi pandemi global Covid-19 yang menutup produksi dan penjualan terbatas.

Dikutip dari CNN, pada Selasa (5/5/2020), saham Tesla (TSLA) bernilai USD144 miliar, membuatnya bernilai lebih dari pembuat mobil mana pun di dunia, kecuali Toyota (TM). Sekarang lebih berharga daripada nilai pasar gabungan Volkswagen (VLKAF), General Motors (GM), Ford (F) dan Fiat Chrysler (FCAU).

Ketika Musk mendapatkan tahap pertama dari 1,7 juta opsi, ia akan dapat menggunakannya dengan biaya masing-masing USD350,02, meskipun biasanya eksekutif tidak menggunakan opsi saat pertama kali diberikan.

Tentu saja, bahkan gaji yang cukup besar itu tak seberapa jika dibandingkan dengan nilai USD26,4 miliar dari saham Tesla yang sudah dimiliki Musk. Tetapi jika dia mendapatkan semua opsi saham hingga 20,3 juta, mereka bisa menjadikan Musk orang terkaya di dunia. * (RW)

Leave a Reply