Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Hidup Kamu Terasa Melelahkan? 5 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

Sumber foto: istockphoto.com

Topcareer.id – Terkadang, banyak dari kita yang merasa hidup ini benar-benar rumit dan melelahkan. Kita merasa jika kendali kita atas hidup mulai hilang, dan terjebak dalam ketakutan sehingga sulit untuk merasa tenang dan bahagia.

Seperti dikutip dari Lifehack, jika kamu adalah satu di antara yang merasakan hal itu, lima alasan ini mungkin menjadi penyebabnya.

Kabar baiknya, kalau kamu bisa mengatasi lima rintangan ini, maka kamu akan punya peluang untuk bisa menjalani kehidupan dengan lebih tenang dan bahagia.

Baca juga: Mengapa Orang Sibuk Lebih Bahagia? Ini Penjelasannya

1. Terlalu fokus pada Kerumitan
Filsuf sosial Tiongkok, Confucius pernah berkata, “hidup benar-benar sederhana, tapi kita bersikeras membuatnya rumit.”

Sangatlah mudah bagi kita untuk merasa resah dengan sebuah perubahan. Ini biasanya terjadi karena kita fokus pada segala kerumitan dan beban yang harus dipikul saat menjalaninya. Padahal, jika kita mau sedikit saja mengalihkan fokus pada hal-hal baik yang bisa kita dapat dari perubahan itu, maka langkah kita pun akan jauh lebih ringan.

2. Terlalu khawatir
Sebagai makhluk emosional, rasa stres, marah, frustrasi, atau tidak bahagia memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perilaku kita sehari-hari. Membiarkan diri untuk terlalu khawatir pada suatu hal akan sangat menguras energi dan tekanan fisik. Intinya, semakin berlebihan khawatirmu, maka akan semakin rumit hidupmu.

Cobalah untuk atasi kebiasaan buruk ini, Kamu bisa memulainya dengan menenangkan pikiran, melakukan latihan pernapasan, meditasi, latihan kardio, menulis jurnal, yoga, mendengarkan musik, atau berbicara dengan teman.

Baca juga: Ini Perbedaan antara Kesedihan dan Depresi

3. Berusaha keras mengontrol semua hal dalam hidupmu
Pendeta ternama Charles R. Swindoll pernah berkata, “Hidup adalah 10% tentang apa yang terjadi kepadamu, dan 90 % tentang bagaimana kamu bereaksi.”

Selama ini, kamu mungkin berusaha keras mengontrol semua hal dalam hidupmu, untuk sebisa mungkin menghindari tantangan-tantangan baru yang bisa saja terjadi. Usaha seperti ini sangatlah melelahkan, dan secara tak langsung membuatmu hidup dalam ketakutan.

Lebih baik, mulailah terima jika ada hal-hal di dalam hidup ini yang tak bisa kamu kontrol. Percayalah pada kemampuanmu sendiri, dan jalanilah hidup dengan pikiran yang lebih tenang.

4. Menggantungkan kebahagiaan kamu pada kebahagiaan orang lain
Ini adalah sesuatu yang salah untuk dibiasakan.Jika kamu mengandalkan kebahagiaan orang lain untuk menjalani kehidupan, lama kelamaan kerumitan akan membanjiri hidupmu. Kamu akan terjebak dalam keadaan di mana kamu harus terus berusaha menyenangkan orang lain dan berusaha membuat mereka bahagia. Ini sangat melelahkan dan merusak kesejahteraanmu sendiri.

Cobalah tarik napas, dan mulailah membuat pilihan. Apakah kamu ingin mulai menghargai pilihan hidupmu dan menjalani hidup yang berhak kamu dapatkan? Atau terus menerus menjalani hidup berdasarkan kebahagiaan orang lain? Pilihanmu akan menentukan segalanya.

5. Terjebak dalam drama
Menjalani drama, beserta orang-orang beracun di dalamnya, adalah pilihan hidup yang melelahkan. Hidupmu akan terasa lebih sulit dari yang seharusnya. Lebih baik, jauhi mereka.

Setelah kamu melakukan ini, hidupmu tidak akan terlalu rumit lagi dan jauh lebih mudah untuk menghadapi tantangan hidup dan menyambut kesuksesan serta kebahagiaan yang sudah menantimu sekian lama. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply