Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Survei: Akibat Pandemi, Masyarakat Indonesia Lebih Suka Pembayaran Nontunai

Topcareer.id – Pandemi covid-19 telah mempercepat perubahan pola hidup masyarakat, termasuk dalam perilaku berbelanja. Hal ini dibuktikan dari hasil survei yang keluarkan oleh Visa, penyedia teknologi pembayaran digital terdepan dunia.

“Survei ini bertujuan memperoleh gambaran bagaimana perilaku konsumen Indonesia berubah menghadapi tantangan saat ini. Kami berbagi temuan ini dengan harapan dapat mendukung ekosistem keuangan di Indonesia dengan data untuk beradaptasi dan menyambut realita baru,” ujar Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman di Jakarta Kamis (11/6/2020).

Menurut survei tersebut 62% atau 6 dari 10 responden Indonesia mulai membentuk kebiasaan baru dengan lebih memilih untuk membayar dengan menggunakan kartu atau aplikasi mobile dibandingkan dengan uang tunai.

Baca juga: Ekonomi Kamu Terdampak Corona? Ini Daftar Bank dan Leasing yang Beri Kelonggaran Kredit

Selain itu dengan jumlah yang sama, responden mengatakan mereka berniat untuk tetap menggunakan pembayaran digital dan tidak kembali ke uang tunai ketika kondisi darurat ini berakhir.

“Survei ini juga menemukan bahwa masyarakat Indonesia sangat peduli dengan kesehatan keuangan mereka. Bahkan 78% masyarakat setuju bahwa situasi saat ini mengharuskan mereka untuk lebih proaktif dalam perencanaan keuangan, sementara 55% responden mengindikasikan kekhawatiran akan jatuh sakit,” jelasnya.

Dengan adanya wabah corona ini, diketahui bahwa pembelanjaan lewat berbagai macam e-commerce meningkat karena belanja online dianggap memberikan pengalaman yang lebih positif dibandingkan dengan belanja tatap muka. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply