Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

7 Fasilitas Canggih Bandara Soetta Hadapi New Normal

Sumber foto: Angkasapura2.co.id

Topcareer.id – Menuju pola hidup baru akibat pandemi Covid-19, Bandara Soekarno-Hatta (soetta) membuat terobosan touchless (tanpa sentuhan) pada beragam fasilitasnya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, setidaknya ada 7 fasilitas canggih tanpa sentuhan yang sekarang sudah tersedia di Bandara Soekarno-Hatta dan nantinya akan diimplementasikan di bandara lainnya yang dikelola PT Angkasa Pura II.

“Fasilitas pertama adalah body inspection machine atau body scanner yang sudah dioperasikan di area security check point 2 untuk memeriksa penumpang tanpa harus menyentuh mereka,” ujar Awaluddin.

Kedua adalah fasilitas sistem pemeriksaan dokumen perjalanan secara digital melalui aplikasi digital travelation, di mana berkas-berkas diperiksa secara digital dengan mengunggah berkas ke aplikasi tersebut.

“Lalu fasilitas ketiga, yakni virtual customer assistant yang dinamai VICA. Melalui asisten virtual tersebut penumpang lebih mudah mengenali beragam informasi mengenai layanan di Bandara Soetta,” tambahnya.

Bandara Soetta juga telah membuat penyesuaian terhadap tombol lift yang kini bisa diakses dengan cara diinjak dengan kaki dan wastafel otomatis di setiap keran untuk meminimalisir sentuhan saat menggunakan keran air.

Sedangkan untuk menghilangkan virus, bakteri, dan kuman di handrail eskalator dan travelator, bandara Soetta juga memasang UV sterilizer yang bekerja secara otomatis.

Terakhir, smart helmet yang digunakan petugas keamanan bandara atau aviation security untuk mendeteksi suhu tubuh para pengunjung penumpang tanpa harus melakukan kontak.

Helm ini diklaim dapat memberikan informasi mengenai suhu tubuh orang, mode pengenal wajah, pengenal pelat kendaraan, night vision/facility inspection, QR code scanner dan mengidentifikasi titik panas.

“Setelah 7 fasilitas touchless tersebut, nantinya akan ada lebih banyak lagi fasilitas yang meminimalisir kontak fisik, baik langsung maupun tak langsung untuk menyambut new normal,” pungkas Awaluddin.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply