Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Cegah Iritasi Kulit Akibat Memakai Masker

Ilustrasi. (dok. iStock)

Topcareer.id – Memakai masker dalam jangka waktu lama memang bukan sesuatu yang nyaman. Namun, langkah ini tetap perlu dilakukan guna mencegah terjadinya penularan virus corona yang saat ini tengah menjadi pandemi.

“Jika orang memakai masker untuk waktu yang lama, kulit mereka akan menjadi hangat dan berkeringat,” kata Dokter kulit di Southern Tier, Dr. Joseph Newmark, seperti dikutip dari wbng.com, Kamis (11/6/2020).

Dr. Newmark menjelaskan, langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk melindungi kulit kita dari efek pemakaian masker, adalah memperbanyak waktu di rumah.

“Rencanakan kunjunganmu seringkas dan seefisien mungkin, sehingga kamu tak perlu mengenakan masker selama berjam-jam, kecuali jika kamu berada dalam pekerjaan atau posisi yang menuntut kamu untuk beraktivitas di kantor atau di luar ruangan,” kata Dr. Newmark.

Tips kedua, pilihlah masker dari kain yang cocok dengan kulitmu, namun tetap ampuh menangkal droplet virus corona.

“Kapas adalah produk yang bagus karena bisa membuat kulit tetap bernapas,” kata Dr. Newmark.

“Jika kamu akan membuat maskermu sendiri, pastikan untuk mencuci kainnya sebelum dipakai. Ada banyak kain yang terlebih dahulu disemprot dengan formaldehida dan sebagainya sebelum dikirim ke konsumen. (Kalau tidak dicuci), ini dapat menyebabkan masalah,” tambah sang asisten dokter, Julie Luckman.

Setelah memakainya seharian, jangan lupa juga untuk kembali mencuci masker kain kamu. Akan lebih baik jika kamu memiliki beberapa masker cadangan sehingga bisa memakainya secara bergantian.

Terakhir, jika pada akhirnya kamu mengalami iritasi pada kulitmu, cobalah oleskan pelembab pada bagian yang mengalami iritasi. Kalau semakin parah, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter kulit.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply