Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Sodar, Google Tool Baru untuk Bantu Pengguna Lakukan Physical distancing

Aplikasi Sodar (dok. foto Glenn Chapman/AFP)

Topcareer.id – Google telah menemukan cara baru untuk membantu para penggunanya dalam menyesuaikan diri dengan aktivitas new normal atau normal baru.

Google memperkenalkan alat berbasis Augmented Reality (AR) baru yang bernama “Sodar,” tool dari Google ini akan membantu pengguna menjaga jarak dengan orang lain atau physical distancing.

Saat kamu pergi keluar rumah untuk menjalankan aktivitas, kamu dapat menggunakan tool Sodar dari Google, untuk mengetahui secara pasti seberapa jauh kamu harus berdiri dari orang lain demi menjaga keamanan dari paparan virus corona.

Dengan mengarahkan kamera ke lantai, Sodar akan menunjukkan batas visual 2 meter di sekitar kamu. Pada dasarnya ini sedikit lebih jauh dari rekomendasi jarak 6 kaki (180 cm) yang direkomendasikan oleh otoritas kesehatan.

Baca juga: Senin Pertama New Normal: Antre Masuk Stasiun KRL, Abai Physical Distancing

Mengutip CNBC, untuk menggunakan Sodar, kamu perlu mengunjungi situs webnya karena ini bukan aplikasi yang dapat diunduh dari Play Store. Tool AR ini tersedia di Google Chrome dan perangkat Android terupdate saat ini.

Kamu bisa mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini:

  • Buka browser Chrome di ponsel Android kamu
  • Buka laman sodar.withgoogle.com
  • Jika ponsel mendukung, kamu akan melihat kotak informasi yang memintamu untuk mengonfirmasi bahwa kamu siap, lalu touch “Enter AR”
  • Izinkan akses ke kamera
  • Setelah masuk, arahkan ponsel ke lantai dan gerakkan hingga beberapa titik putih kecil muncul di lantai

Sayangnya sementara ini Sodar hanya bisa digunakan pada browser Chrome dan ponsel Android tertentu yang mendukung augmented reality (AR). Samsung Galaxy S20 Ultra misalnya bisa menggunakan Sodar, tetapi tidak berfungsi pada iPhone.

Tapi rasanya suatu saat nanti cepat atau lambat bisa saja Google dan perusahaan lain akhirnya memutuskan untuk membangun aplikasi yang mendukung iPhone serta Android. Apalagi aplikasi ini cukup berguna di saat kehidupan new normal dimulai. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply