Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Selain Jaga Imunitas, Vitamin D Bikin Otot Kuat

Ilustrasi. (dok. Greatist)

Topcareer.id – Di musim pandemi corona, orang jadi sering menjemur diri di pagi hari. Kebiasaan baik ini dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh, supaya tak rentan terpapar virus.

Panas matahari pagi terbukti memberikan asupan vitamin D yang berlimpah. Namun, manfaatnya tak sekadar menjaga imunitas tubuh.

Jika asupan vitamin D kurang, bersiaplah mengalami lemah otot di masa tua. Tubuh juga tak lagi trengginas melakukan berbagai aktivitas. Inilah hasil penelitian terbaru yang dipublikasikan Journal of Gerontology: Medical Sciences.

Penelitian Denise K. Houston dan kawan-kawan dari The Wake Forest University of Medicine, di Winston Salem, Carolina Utara, melibatkan 976 orang dewasa sebagai responden. Usia mereka 65 tahun atau lebih. Pengecekan awal menunjukkan, sekitar 29 persen responden wanita dan 14 persen pria mengalami kekurangan vitamin D.

Baca juga: Jangan Salah Kaprah, Ini Fungsi Berjemur yang Sebenarnya

Untuk mengetahui pengaruhnya bagi tubuh, tim peneliti mengukur kecepatan responden berjalan, kemampuan bangun dari posisi duduk, dan keseimbangan tubuh mereka. Adapun kekuatan ototnya dicek dengan handgrip dynamometry.

Hasilnya, seperti dilansir Reuters, ketangkasan fisik dan kekuatan otot responden yang kekurangan vitamin D lebih lebih buruk 5-10 persen dibanding responden yang kadar vitamin D dalam tubuhnya normal. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply