Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, August 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Survei BI: Optimisme Konsumen Melemah Pada Mei 2020

Sumber foto: Anadolu Agency

Topcareer.id – Pada Mei 2020, berdasar laporan Survei Konsumen Bank Indonesia, pelemahan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi, terindikasi masih terus berlanjut. Bahkan melemahnya Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) ini terjadi pada seluruh kategori responden.

Survei Bank Indonesia itu menyebut IKK pada Mei 2020 sebesar 77,8, di mana angka itu lebih rendah jika dibandingkan dengan April 2020 lalu, yakni sebesar 84,8.

“Melemahnya optimisme konsumen terjadi pada seluruh kategori responden, baik menurut tingkat pengeluaran maupun kategori kelompok usia,” tulis laporan Bank Indonesia, Jumat (12/6/2020).

Pada responden berdasar tingkat pengeluarannya, terdalam pada responden dengan pengeluaran Rp 5 juta per bulan. Sementara di sisi usia, penurunan IKK terdalam pada responden berusia 60 tahun.

Secara spasial, penurunan keyakinan konsumen pada mei terjadi di 14 kota, dengan penurunan terdalam terjadi pada kota Manado (-30,7 poin), diikuti Mataram (-27,0 poin), dan Ambon (-17,9 poin).

Melemahnya optimisme konsumen, disebabkan terutama oleh menurunnya persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini yang turun menjadi 50,7.  Penurunan terdalam pada indeks ketersediaan lapangan kerja saat ini.

“Sementara di sisi ekspektasi, konsumen masih relatif optimistis terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang meskipun tidak sekuat perkiraan bulan sebelumnya.”

Untuk Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK), adalah sebesar 104,9 pada Mei 2020, sedikit melemah dibandingkan bulan sebelumnya, yakni 106,8.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply