Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Studi Jelaskan Mengapa Tahun Ini Membuat Semua Orang Paranoid

Sumber foto: Detik.com

Topcareer.id – Masa pandemi corona yang terjadi 2020 memunculkan satu hal yang pasti, yakni “ketidakpastian.”

Pandemi memberikan ketidakpastian yang menimbulkan paranoid pada semua orang. Kapan kehidupan akan kembali normal? Kapan vaksin akan tersedia? Akankah Covid-19 benar-benar hilang untuk selamanya?

Di tengah semua yang sedang terjadi, ada juga peningkatan besar percaya pada teori konspirasi, pembelian karena alasan panik, dan paranoia secara umum. Sekarang, para peneliti dari Universitas Yale memiliki penjelasan mengapa itu semua terjadi.

Studi baru mereka menemukan bahwa di saat-saat ketidakpastian yang tak terduga dan tiba-tiba, seperti pandemi sekali seumur hidup, orang cenderung jatuh ke dalam paranoia jauh lebih mudah daripada selama masa normal.

Baca juga: Langkah Strategis Sektor Perdagangan Hadapi New Normal

“Ketika dunia kita berubah secara tak terduga, kami ingin menyalahkan ketidakstabilan itu pada seseorang, untuk membuatnya masuk akal, dan mungkin menetralkannya,” kata Philip Corlett dari Yale, associate professor psikiatri dan penulis senior studi tersebut, dikutip dari laman The Ladders.

“Secara historis di masa pergolakan, seperti serangan teroris 9/11, paranoia dan pemikiran konspiratorial meningkat.”

Paranoia ekstrem dikaitkan dengan kondisi kesehatan mental yang serius seperti skizofrenia, tetapi setiap orang merasa agak paranoid dari waktu ke waktu. Dicirikan oleh perasaan menggerutu, serangan paranoia sesekali cukup umum.

Sebagai contoh, sebuah proyek penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa 20% dari populasi, setidaknya sekali dibandingkan tahun sebelumnya, merasa seperti orang lain berkomplot melawan mereka. Sementara, 8% lainnya mengatakan bahwa orang lain bahkan mencoba untuk menyakiti mereka secara fisik.

Baca juga: New Normal, Boleh Datang Telat Dan Gampang Izin Sakit

Selama beberapa dekade, sebagian besar ilmuwan dan akademisi telah menerima teori bahwa paranoia berasal dari ancaman sosial dan pengalaman yang disalahtafsirkan. Tetapi, para peneliti di balik studi terbaru ini berhipotesis bahwa paranoia disebabkan oleh perasaan tidak pasti, bahkan ketika tidak ada ancaman sosial yang jelas terlibat.

“Kami menganggap otak sebagai mesin prediksi; perubahan tak terduga, baik sosial atau tidak, dapat merupakan jenis ancaman, itu membatasi kemampuan otak untuk membuat prediksi,” jelas penulis utama Erin Reed.

“Paranoia mungkin merupakan respons terhadap ketidakpastian pada umumnya, dan interaksi sosial bisa sangat kompleks dan sulit diprediksi.”

Reed mengatakan, bahkan tanpa bisikan yang mengancam, ketidakpastian dapat mendorong bahkan yang paling tenang di antara kita ke keadaan yang sangat paranoid. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply