Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 18, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hati-hati, Main Handphone di KRL Berisiko Tertular Corona

Ilustrasi. (dok. The EconomicTimes)

Topcareer.id – Hati-hati bermain handphone saat menaiki KRL, karena aktivitas ini ternyata meningkatkan risiko kamu tertular virus corona.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Junior Doctor Network, dr. Edward Faisal, Sp.PD, sejumlah virus, termasuk SARS-CoV-2 atau corona jenis baru, dapat menempel pada gawai seperti handphone dan tablet.

“Saat virus nempel di gawai kita, bisa bertahan sampai lima hari, jangan salah,” kata dokter Edward dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (17/6).

Menurut Edward, virus yang dapat menempel di gawai berasal dari banyak faktor. Salah satu yang patut diwaspadai adalah percikan droplet dari para pengguna KRL lain, ke handphone yang kita pegang.

“Jadi selain risiko untuk kita, juga orang yang di rumah. Jadi kalau kita sayang sama orang yang dirumah dan di sekitar kita, sebaiknya jangan keluarin handphone.”

Sejauh ini, KRL telah menerapkan sejumlah protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Di antaranya adalah mewajibkan menjaga jarak antar penumpang, mencuci tangan, serta memakai masker penutup mulut dan hidung.

Selain itu, waktu operasional juga telah disesuaikan untuk menghindari terjadinya lonjakan penumpang.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply