Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Survei IMD: Berikut Daftar Negara Paling Kompetitif

Sumber foto: Forbes

Topcareer.id – IMD World Competitiveness Center merilis data yang ditunggu-tunggu tentang peringkat daya saing ekonomi dari 63 negara di dunia. Tebak, siapa berada di peringkat satu dengan predikat negara paling kompetitif?

Singapura jadi negara nomor satu untuk tahun kedua sebagai negara paling kompetitif. Lalu berturut-turut posisi dua hingga lima, yakni Denmark, Swiss, Belanda, dan Hong Kong.

“Manfaat ekonomi kecil dalam krisis saat ini berasal dari kemampuan mereka untuk memerangi pandemi dan dari daya saing ekonomi mereka. Sebagian ini mungkin didorong oleh fakta bahwa mudah untuk menemukan konsensus sosial,” kata Arturo Bris, Direktur IMD World Competitiveness Center dan Profesor Keuangan.

Faktor di balik kesuksesan Singapura adalah kinerja ekonominya yang kuat, yang berasal dari perdagangan internasional dan investasi yang kuat. Ketenagakerjaan dan ukuran pasar tenaga kerjanya pun sama kuatnya.

Kinerja yang stabil baik, dalam sistem pendidikan dan infrastruktur teknologi seperti telekomunikasi, kecepatan bandwidth internet, dan ekspor teknologi tinggi, juga memainkan peran kunci.

Denmark, di peringkat ke-2, dapat memberi kredit pada ekonomi yang kuat, pasar tenaga kerja, dan sistem kesehatan dan pendidikan. Selain itu, negara ini berkinerja sangat baik dalam investasi dan produktivitas internasional, dan menduduki puncak Eropa dalam efisiensi bisnis.

Swiss telah berangsur-angsur naik ke posisi podium, dari 5 ke 4, dan sekarang ke-3 pada tahun 2020. Perdagangan internasional yang kuat mendorong kinerja ekonomi yang kuat, sementara infrastruktur ilmiah dan sistem kesehatan dan pendidikan, menunjukkan tampilan yang mantap.

Tahun ini, kriteria baru ditambahkan untuk mencerminkan pentingnya mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB. Kriteria memberikan persepsi di mana ekonomi berada, sehubungan dengan berbagai tujuan berkelanjutan yang perlu dipenuhi dalam 10 tahun, seperti pendidikan dan lingkungan, inklusi dan pemberdayaan, penuaan dan kesehatan.

Untuk Indonesia sendiri, pada 2020 ini menempati urutan ke-40. Posisi ini turun 8 peringkat pada tahun sebelumnya (2019), yakni di urutan 32.

Cek daftar 10 besarnya berikut ini:

  1. Singapore
  2. Denmark
  3. Swiss
  4. Belanda
  5. Hong Kong
  6. Swedia
  7. Norwegia
  8. Kanada
  9. Uni Emirat Arab
  10. Amerika Serikat

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply