Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ikan Bakar dan Rebus Turunkan Risiko Jantung dan Stroke

Ilustrasi. (dok. Goodfood)

Topcareer.id – Temuan ini patut dicamkan oleh para orang sepuh yang menderita penyakit jantung. Ternyata memakan ikan yang dibakar atau direbus lebih menyehatkan daripada ikan yang digoreng.

Hasil studi para ahli dari Harvard School of Public Health, Amerika Serikat, menyimpulkan ikan bakar dan ikan rebus bisa menurunkan risiko terkena stroke dan serangan jantung.

Mereka telah meneliti 4.700 orang berusia 65 tahun selama 12 tahun. Hasilnya menunjukkan, semakin banyak seseorang makan ikan goreng atau sandwich ikan, semakin makin tinggi risiko terkena stroke.

“Risikonya meningkat hingga 10 persen untuk tiap konsumsi ikan per minggu,” kata Dr. Dariush Mozaffarian dalam media Internal Medicine.

Baca juga: Hati-Hati, Makanan Dietmu Bisa Membawa Risiko Kebutaan

Hal berbeda terjadi bila ikan direbus atau dibakar. Insiden stroke pada orang yang mengkonsumsinya justru berkurang. “Tren stroke sebesar 14 persen lebih rendah terjadi pada mereka yang biasa makan ikan yang dibakar atau direbus tiga kali dalam sebulan,” ujar Dariush.

Semakin sering memakan ikan bakar atau rebus akan semakin sehat. Buktinya orang yang mengkonsumsinya sebanyak lima kali sebulan mempunyai resiko terkena stroke lebih rendah lagi, sebesar 28 persen, dibanding orang yang memakan ikan goreng. *

the authorAde Irwansyah

Tinggalkan Balasan