Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hambat Sel Kanker dengan Kol dan Brokoli

Ilustrasi. (dok. Healthyfood)

Topcareer.id – Berbahagialah mereka yang doyan melahap brokoli, kol, kembang kol, dan selada air. Sayur-sayuran jenis cruciferous-yang bisa menimbulkan gas dalam tubuh-ini potensial meredam pertumbuhan sel-sel kanker prostat.

Bahkan, menurut penelitian terakhir, seperti terungkap dalam pertemuan tahunan The American Association for Cancer Research, jenis sayuran tersebut bisa memotong formasi pembu-luh darah yang menjadi “makanan” tumor.

Menurut Shivendra Singh, ketua tim peneliti dari University of Pittsburgh Cancer Institute, Amerika Serikat, khasiat itu tak lepas dari kandungan senyawa fitokimia isothiocyanates (ITC) yang terkandung dalam sayur-sayuran tersebut. Zat aktif itu nongol saat beragam sayuran tersebut dipotong atau dikunyah-kunyah.

Baca juga: 6 Cara Memasak Sayuran yang Benar agar Nutrisinya Tak Hilang

Penelitian di laboratorium menunjukkan phenethil-ITC (PEITC) sangat efektif menekan pertumbuhan sel kanker prostat manusia. Khasiat serupa pernah diujikan lewat tikus percobaan. Selama 31 hari, tikus yang dicangkoki sel tumor prostat manusia diberi porsi sedikit PEITC, lalu dibandingkan dengan kelompok tikus kontrol.

Hasilnya, seperti dilansir laman Medicalnewstoday, ukuran tumor yang menclok di tubuh tikus mengecil secara signifikan. Hal itu terjadi karena PEITC bekerja dengan menyabot sumber makanan bagi sang tumor sehingga tak bisa berkembang. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply