Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Lakukan Ini Jika Kamu Alami HRD Ghosting

Topcareer.id – HRD Ghosting atau HRD yang tiba-menghilang setelah melakukan wawancara dengan kamu, akhir-akhir ini memang semakin meningkat tren nya.

Hal ini tentunya membingungkan para kandidat, terutama bagi yang telah melalui beberapa kali wawancara. Kamu mungkin mengalaminya dan membaca artikel ini sambil berpikir, “Saya tidak peduli mengapa mereka menghilang. Saya hanya ingin tahu apa yang sebaiknya saya lakukan sekarang.”

Agar kamu tidak terlalu larut dalam bayang-bayang perusahaan yang mencampakkanmu, berikut beberapa langkah yang bisa kamu ambil dalam menyikapi fenomena HRD Ghosting.

Pertimbangkan untuk menghubungi
Jika kamu belum juga mendengar kelanjutan kabar dari wawancara kerjamu, kamu bisa menelepon atau mengirim email ke perusahaan untuk mempertanyakan bagaimana kelanjutan dari hasil wawancara kerjamu.

Jika kamu diberi tahu bahwa pekerjaan itu telah diisi, kamu juga bisa bertanya mengapa kamu tidak dipilih. Feedback semacam ini akan sangat berguna dan membantumu memaksimalkan peluang di masa depan.

Jangan tersinggung
Kamu mungkin tidak pernah benar-benar tahu pasti mengapa HRD menghilang tanpa jejak. Jadi, pertahankan beberapa perspektif tentang hal ini dan cobalah untuk tidak menganggap semuanya terlalu personal.

Mungkin, alasan mereka tidak ada hubungannya dengan kamu. Beberapa organisasi juga memiliki kebijakan yang mencegah SDM memberikan feedback kepada kamu, bahkan jika kamu bertanya. Jadi, jika kamu tidak bisa mendapatkan jawaban, cobalah untuk tidak tersinggung.

Jujurlah tentang peran kamu
Mungkinkah kamu melakukan kesalahan yang membuat perusahaan jadi melewatimu. Jika kamu memang melakukan kesalahan selama proses wawancara, jujurlah pada diri sendiri. Belajar dari pengalaman dan bersumpah untuk tidak membiarkannya terjadi lagi.

Tanyakan pada diri kamu apakah tetap ingin bekerja untuk perusahaan yang menghilang bagai hantu
Jika HRD Ghosting terjadi akibat perusahaan tidak terorganisir atau tidak fokus sehingga membuat kamu dilewatkan begitu saja, pertimbangkan untuk tidak bekerja untuk mereka.

Sebuah perusahaan yang menjatuhkan kandidat tanpa sepatah kata pun, secara tak langsung menunjukkan bagaimana cara mereka menghargai karyawannya.

Berjanji untuk tidak ikut-ikutan menghilang
Jangan menjadi sama seperti perusahaan yang tidak menyukai kandidatnya dan egois untuk menghilang tanpa pemberitahuan atau penjelasan.

Buat janji untuk diri sendiri agar tidak ikut-ikutan melakukan praktek ghosting jika suatu hari, saat proses wawancara, kamu mendapat penawaran kerja yang lebih baik di tempat lain.

Lakukanlah bagianmu secara profesional untuk menggerakkan budaya perekrutan ke arah yang lebih baik.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan