Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, July 3, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Lakukan 6 Zoom Icebreaker Ini pada Karyawan Baru Saat Meeting Video

Sumber foto: attune.com

Topcareer.id – Sebelum sampai ke materi dengan topik serius, biasanya ada ice breking saat di awal sesi presentasi terhadap orang-oang baru agar tak merasa canggung. Untuk memulai pertemuan Zoom di tempat kerja, ada juga icebreaker yang bisa dilakukan untuk memperkuat ikatan dengan lawan bicara.

Berikut adalah lima icebreaker untuk Zoom dan cara menggunakannya, seperti dikutip dari laman The Ladders.

Zoom icebreaker 1: Check-in

Karena semua orang berurusan dengan kecemasan yang tak terhindarkan dan tekanan yang ditimbulkan oleh virus corona, itu bisa menjadi ide yang baik untuk memulai happy hour virtual dengan check-in.

Ajukan pertanyaan. Ukur bagaimana semua orang melakukannya. Lihat bagaimana rekan kerja mungkin berurusan dengan jarak sosial dan bahkan bertanya bagaimana mereka tetap sibuk dan tetap tenang saat semua ini berlangsung. Pertanyaan-pertanyaan ini bantu melepaskan keteganganmu juga.

Baca juga: Pelajari Bahasa Tubuh yang Baik Saat Meeting Video

Zoom icebreaker 2: Tontonan streaming

Akui saja, kita semua mungkin lebih peduli dengan serial Netflix atau layanan video streaming saat ini untuk menghibur diri. Katakan hal terkait, misalnya “Saya menonton 13 Reason Why dan saya benar-benar tidak bisa berhenti.”

Sebuah pembuka percakapan yang benar-benar menarik namun sederhana adalah dengan bertanya kepada semua orang di obrolan video, apa yang sedang mereka tonton saat ini. Yang terbaik dari itu semua, kamu akan mendapatkan semua jenis rekomendasi pribadi untuk menonton film dan acara baru.

Zoom icebreaker 3: Bicara tentang karantina dirimu

Berlawanan dengan kepercayaan umum, sangat penting untuk menunjukkan bahwa kamu adalah manusia di tempat kerja dan juga dapat membangun hubungan emosional. Ini lebih penting (dan lebih sulit untuk dilakukan) terutama jika kamu berbicara dengan orang yang belum ditemui secara langsung.

Menceritakan suatu yang menciptakan emosi, sering disalahartikan dengan mengungkapkan terlalu banyak tentang kehidupan pribadi, ini biasanya bukan ide yang bagus. Mulailah dengan berbagi fakta yang menyenangkan tentang berapa banyak orang yang dikarantina bersamamu dan bagaimana rasanya untukmu, baik atau buruk. Tidak perlu masuk ke detail.

Baca juga: Panduan WHO untuk Kantor yang Ingin Gelar Meeting

Zoom icebreaker 4: Tanyakan semua orang apa yang mereka baca

“Berbagi apa yang ingin kamu baca adalah pembuka percakapan yang hebat bagi orang-orang yang bekerja denganmu. Kamu dapat memahami genre favorit orang, literatur apa yang mereka sukai, dan juga topik yang mereka minati,” tulis Bustle.

Zoom icebreaker 5: Mengusulkan Zoom happy hour

“Inilah cara kerjanya. Kamu atur minuman dan makanan ringan di sekitar laptopmu, pastikan webcam sudah diatur dan klik tautan umum, yang akan membawamu ke rapat Zoom. Jika kamu tidak menyukai tampilan ruang tamumu, kamu dapat menggantinya dengan latar belakang virtual -pantai, ruang, atau bahkan ruang tamu yang lebih baik,” tulis Washington Post.

“Tapi jangan lupa etika, meskipun ini adalah pesta koktail, kamu harus memperlakukan ini seperti pertemuan bisnis, baik nyata atau virtual,” kata pakar etiket dan pendiri Sekolah Protokol Palm Beach Jacqueline Whitmore kepada Washington Post.

Zoom icebreaker 6: Sarankan game icebreaker

Game icebreaker adalah kegiatan interaktif yang digunakan untuk membantu “memecahkan kebekuan” sehingga orang tidak merasa aneh satu sama lain ketika mereka tidak saling kenal. Walaupun mungkin terlihat konyol, penting bagi anggota tim untuk merasakan tingkat kenyamanan satu sama lain, dan juga membuat produktivitas yang lebih tinggi dan hasil yang lebih baik. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply