Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Siap-siap Gagal Kerja Jika HRD Lakukan 3 Hal Ini

Ilustrasi. (Dok, Jobhouse)

Topcareer.id – Baru selesai interview di suatu perusahaan? Pasti setelahnya kamu rajin mengecek handphone maupun email untuk melihat kabar baik dari pewawancara, kan?

Eits, tapi tunggu dulu, mungkin harapan kamu itu akan sirna jika pewawancara melakukan 3 hal di bawah ini.

Gaya pewawancara kurang antusias
Pewawancara tidak antusias atau tertarik setelah kamu menceritakan tentang diri kamu maupun prestasi yang telah kamu raih? Wah, siap-siap pulang dengan harapan kosong nih.

Agar hal itu tidak terjadi pastikan isi CV kamu berkualitas dan kamu benar-benar memahami setiap kata yang tertulis di dalamnya. Dan jika pewawancara menanyakan sesuatu, usahakan juga untuk selalu menjawab dengan to the point dan tidak muter-muter, ya.

Baca juga: Cabin Fever, Gejala dan Cara Mengatasinya

Wawancara kurang dari 15 menit
Umumnya, wawancara kerja dilakukan sekitar 30 menit. Perbincangan ini membutuhkan waktu karena pewawancara ingin melihat potensi yang ada diri kamu dan menjadi waktu pertimbangan apakah kamu merupakan kandidat yang pas untuk posisi yang dibutuhkan. Untuk menyelamatkan kamu dari kegagalan kerja, bertanya soal perusahaan dan posisi tersebut patut di coba.

Tidak ada kabar selama 2 minggu
Belum menerima kabar apapun setelah melakukan interview? Tenang dulu, karena pewawancara membutuhkan waktu untuk memilih setidaknya beberapa kandidat yang sangat mendekati kriteria yang diinginkan. Ingat posisi tersebut bukan hanya kamu yang melamar, jadi tunggulah beberapa hari.

Tapi, kalau sudah mau memasuki 2 pekan dan tidak ada kabar dari pewawancara, sebaiknya kamu mulai hunting pekerjaan lain, ya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply