Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, November 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Riset: 67% Orang Indonesia Sudah Kepengin Jalan-Jalan saat New Normal

Sumber foto: LS Intranet

Topcareer.id – Bagi para pecinta jalan-jalan, penguncian diri selama berbulan-bulan untuk mencegah penyebaran Covid-19 membuat mereka rindu kembali berpetualang. Riset yang dilakukan PegiPegi pun melihat 67% orang Indonesia tertarik untuk bepergian di era new normal.

Perusahaan layanan reservasi online populer, PegiPegi melakukan riset kepada lebih dari 900 responden yang tersebar di Indonesia pada 8-12 Juni 2020 untuk mengetahui perilaku traveling orang Indonesia saat new normal.

Riset itu menyebutkan, 33% responden lainnya belum merencanakan bepergian. Sementara, setelah situasi new normal diberlakukan, sebanyak 73% orang berencana untuk bepergian dalam kurun waktu 2 bulan ke depan.

“Kami memahami masyarakat sejauh ini telah berusaha semaksimal mungkin untuk tetap di rumah dan menunda bepergian demi keamanan dan kesehatan bersama. Pada masa transisi ini kami melihat keinginan untuk bepergian mulai meningkat,” kata Serlina Wijaya, Chief Marketing Officer Pegipegi, dalam keterangan pers yang diterima Topcareer.id, Jumat (26/6/2020).

Baca juga: Optimis Wabah Corona Berlalu, Industri Pariwisata Diminta Siapkan Paket Liburan Akhir Tahun

Kebanyakan dari responden memilih untuk kembali traveling demi keperluan keluarga (33%), disusul dengan traveling sebagai sarana refreshing (26%). Alasan lain yang disebutkan sebagai tujuan traveling adalah untuk urusan bisnis dan pendidikan.

Bagi mereka yang berencana traveling, sebanyak masing-masing 31% ingin bepergian bersama pasangan dan solo traveling, bersama keluarga besar (28%), dan bersama teman (9%). Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat memang merindukan traveling kembali.

Dalam riset tersebut, diketahui juga bahwa sebanyak 47% orang Indonesia menjadikan harga atau biaya sebagai faktor terpenting untuk mendukung rencana bepergian di era new normal. Disusul dengan faktor kebersihan (29%) dan kemudahan untuk reschedule dan refund (18%).

“Beberapa responden juga menyebutkan bahwa keamanan dan protokol terkait Covid-19 di area publik juga menjadi faktor penting bagi mereka,” tulis laporan itu.

Baca juga: Tips Liburan ala Hotel di Rumah Selama Pandemi Covid-19

Artinya, masyarakat saat ini sangat peduli dengan protokol kesehatan yang harus diperhatikan pada saat bepergian di situasi new normal, karena situasi ini bukan berarti mengendurkan proteksi diri terhadap kemungkinan terpapar atau memaparkan virus Covid-19.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply