Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Lemak Sehat dari Sayur dan Ikan untuk Otot Sehat

Ilustrasi. (dok. Goodfood)

Topcareer.id – Jangan buang sayuran hijau dan ikan-ikanan dari menu bila kamu ingin otot motorik berjalan baik. Kedua jenis pangan ini mengandung polyunsaturated alias lemak sehat yang terdiri dari omega 3 dan omega 6.

Dengan mengkonsumsi lemak tersebut sedikitnya 32 gram per hari, otot-otot motorik kamu akan kuat sehingga mengurangi risiko terkena penyakit kerusakan fungsi otot motorik (motor neurone disease).

Motor neurone disease (MND) adalah gangguan pada otot motorik yang membuat tubuh sulit bergerak. Pada skala ringan, penyakit ini menyebabkan orang sulit berbicara, berjalan, menarik napas, dan menelan. Jika sudah fatal, penderita seperti tak punya tenaga dan tak bisa menggerakkan seluruh otot. Ia akan lumpuh total.

Baca juga: 6 Makanan Ini Bisa Membakar Lemak Tubuh

Manfaat polyunsaturated diungkap sejumlah peneliti Universitas Pusat Medis Belanda, setelah mengamati riwayat pola konsumsi 132 pasien yang terserang MND. Semua penderita mengaku jarang mengkonsumsi lemat tersebut pada saat mereka sehat. Hasil ini berbanding terbalik dengan 220 orang sehat yang diteliti.

Selain mengkonsumsi lemak polyunsaturated, untuk menghindari MND makanlah juga vitamin E 18-22 miligram tiap hari. ”Polyunsaturated dan vitamin E mengurangi risiko terserang MND. Kedua zat ini juga mencegah serangan alzheimer,” kata Jan Veldink, pemimpin tim peneliti. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply