Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

5 Item Pakaian yang Perlu Dihindari Saat Meeting Video Lewat Zoom

Ilustrasi. (dok. Newrow)

Topcareer.id – Sekarang bekerja dari rumah telah menjadi norma sehari-hari. Meeting via Zoom jadi bagian dari rutinas baru WFH (work from home).

Hm, ada baiknya melakukan sedikit usaha sebelum menyalakan kamera untuk melakukan meeting dengan aplikasi video konferensi Zoom. Kamu mungkin berpikir pakaian kasualmu tak akan terlalu terlihat oleh rekan kerjamu di kamera.

Ingat bahwa kamu harus tetap professional. Untuk memastikan kamu tetap profesional dan tenang sepanjang pertemuan video, berikut beberapa item yang terlalu kasual yang mungkin sebaiknya tidak kamu kenakan saat kamera menyala, seperti dalam laman The Ladders.

Baca juga: Pelajari Bahasa Tubuh yang Baik Saat Meeting Video

1. Celana yoga, legging, atau celana pendek pesepeda

Kecuali jika kamu seorang instruktur yoga atau pilates, atau kamu biasanya bekerja di kantor yang sangat santai, kamu perlu menghindari mengenakan pakaian olahraga di depan kamera. Pakaian ini memang nyaman, mudah untuk beralih dari bekerja ke gym, tetapi tampilan yoga kasual tidak sesuai dalam meeting dewan perofesional, terutama jika kamu bertemu dengan klien atau wakil direktur perusahaan.

Meskipun kamu dapat membuat argumen bahwa tidak ada yang akan melihat apa yang kamu kenakan di bagian bawah, kamu tidak pernah tahu kapan kamu harus melompat dari meja selama panggilan.

2. Pakaian kemarin

Tidak masalah apakah itu kaus dan celana panjang yang paling umum, percayalah bahwa orang akan melihat jika kamu mengenakan pakaian yang sama pada kamera dua hari berturut-turut, bahkan jika kamu pikir kamu berada di tempat yang berbeda.

Tidak apa-apa untuk mengulangi pakaian santai selama beberapa hari jika tinggal di rumah, tetapi pertimbangkan untuk memutar beberapa pakaian profesional lebih banyak sepanjang minggu jika kamu memiliki pertemuan back-to-back.

Baca juga: Saran Berpakaian Bisnis Casual Saat Meeting Video dengan Bos atau Klien

3. Apa pun yang tipis atau tembus pandang

Apapun yang tipis atau tembus pandang umumnya harus dihindari di kantor dan pada panggilan Zoom, kecuali jika kamu sedang merencanakan untuk mengenakan sesuatu yang jauh lebih substansial di bawahnya, seperti kaos dengan cakupan penuh atau atasan kancing.

4. Sepatu hak tinggi

Mengenakan sepatu hak tinggi secara instan akan membuatmu merasa seperti sedang menuju ke kantor, tetapi jika kamu bekerja dari rumah, sama sekali tidak ada alasan untuk memakai ini saat meeting Zoom dan duduk di meja sepanjang hari.

Jika kamu menikmati mengenakan sepatu hak di rumah, cobalah untuk menghindari apapun yang lebih dari tiga inci. Jika masih ingin menggunakan high heels super tinggi, kamu akan menemukan dirimu dalam formasi meja jongkok yang tidak nyaman sepanjang hari, dan  membuat punggung bagian bawah menangis karena heels.

5. Piyama

Pada awal karantina, mungkin sedikit dapat diterima – kita berada di tengah-tengah pandemi global, tetapi sekarang kita semakin terbiasa bekerja dari rumah setiap hari, jangan pernah masuk dalam panggilan Zoom dengan piyama yang kamu kenakan semalam. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply