Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Saran Berpakaian Bisnis Casual Saat Meeting Video dengan Bos atau Klien

Ilustrasi. (dok. Newrow)

Topcareer.id – Pakaian di tempat kerja semakin kasual sepanjang tahun, ditambah saat pandemi ini hampir semua orang bekerja dari rumah. Bagaimana jika meeting video dengan klien atau bos? Pakaian apa yang tepat digunakan?

Mayoritas perusahaan membolehkan pakaian bisnis casual. Pakaian ini pula yang tepat digunakan saat meeting video.

Secara umum, istilah pakaian bisnis kasual adalah versi jas yang sedikit rileks, celana panjang (berbeda dengan jeans) atau rok, kemeja atau blus, gaun yang cukup konservatif. Jaket untuk melengkapi celana atau rok adalah opsional.

Sama seperti hari biasa di kantor, berpakaian untuk meeting video call via Zoom sangat tergantung pada jenis pertemuan yang kamu miliki hari itu, dengan siapa, dan apa tujuan dari panggilan itu.

Baca juga: Busana Ini Akan Buat Kamu Gagal Saat Wawancara Kerja Lewat Video

Desainer Kostum Hollywood dan stylist pribadi, Leesa Evans merekomendasikan agar gayamu tetap sederhana dan berwarna solid selama panggilan video saat wabah Covid-19.

“Banyak orang sedang melalui transisi besar serta kemungkinan memiliki kesehatan dan ekonomi yang buruk sehingga ini adalah waktu untuk benar-benar saling mendukung dengan cara apapun yang kami bisa,” kata Evans, dikutip dari laman The Ladders.

Pakaian kita dapat menciptakan kepercayaan dan ketenangan yang dibutuhkan orang sekarang untuk mengetahui bahwa kita ada di sini untuk membantu.

“Dalam lingkungan kerja rumahan hari ini saya pikir penting untuk menjadi sama-sama profesional namun terhubung dengan semua orang yang menghadapi situasi baru, sehingga pakaian bisnis kasual terasa lebih relevan sekarang daripada sebelumnya,” kata Evans.

Baca juga: Ada Jadwal Video Meeting Hari Ini dengan Klien? Jangan Lupa Dandan. Ini Sebabnya

Untuk berpakaian bisnis kasual dalam meeting video, Evans merekomendasikan jaket jas dan kemeja tanpa dasi, kemeja dan sweater kombinasi, gaun sederhana atau atasan profesional berwarna solid.

Tergantung pada pekerjaanmu, versi pakaian kasual sehari-harimu yang sedikit lebih kasual bisa digunakan untuk rapat video.

“Jika kamu punya posisi yang lebih kreatif, mungkin saat yang tepat untuk mengenakan pakaian ‘pertemuan klien’ mu untuk memberikan keyakinan bahwa meskipun kita semua berada di rumah, kita dapat menjadi produktif dan terinspirasi,” kata Evans.

Untuk panggilan video, Mitali Saxena, founder and CEO of FASHOM merekomendasikan blus khusus dalam rona tebal dengan sepasang jogger meruncing di bawahnya (lagi-lagi, ingat pilihan pakaian di setengah ke bawah jika kamu harus berdiri) atau gaun nyaman yang bahkan dapat kamu kenakan dengan sandal di bawah meja.

“Ada hal-hal kecil seperti sepasang lingkaran besar atau eyeshadow menarik yang bisa kamu pasangkan dengan salah satu dari ini untuk membantu membuat dirimu merasa sedikit lebih bersinar,” kata Saxena.

“Namun, tip nomor satu saya dalam hal panggilan kerja adalah mencoba menghadirkan warna-warna cerah karena terlihat bagus di kamera, terutama jika ruangmu sedikit lebih gelap.” *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply