Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Abbott Sediakan Tes Antibodi Covid-19 Berbasis Lab di Indonesia

Topcareer.id – Perusahaan kesehatan, Abbott mengumumkan ketersediaan tes darah serologi berbasis laboratorium bertanda CE di Indonesia, untuk mendeteksi antibodi IgG, yang berguna dalam mengidentifikasi apakah seseorang telah dan pernah terpapar virus corona (Covid-19).

Setelah mendapatkan persetujuan dari Satuan Tugas Covid-19 Indonesia, Abbott juga telah memulai pengiriman alat tes IgG SARS-CoV-2 ke Indonesia dan tengah menyiapkan ratusan ribu alat tes tersebut dalam beberapa bulan mendatang untuk memenuhi kebutuhan.

Alat tes yang juga telah memperoleh Otorisasi Penggunaan Darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA) ini memberikan opsi pengujian antibodi skala besar yang dapat diandalkan.

Tes antibodi dapat memberitahu apakah seseorang sebelumnya sudah pernah terinfeksi virus dan mungkin tengah berada pada proses pemulihan, atau bahkan telah pulih dari infeksi tersebut, pada orang dengan atau tanpa gejala.

Baca juga: Profesi Unik di Dunia, Pet Food Tester Hingga Penghirup Ketiak

Tes antibodi berskala besar dianggap sebagai langkah penting selanjutnya, untuk memahami dan mengatasi pandemi Covid-19.

Tes antibodi akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang virus, termasuk berapa lama antibodi berada di dalam tubuh, berapa banyak orang telah terinfeksi, dan bagaimana perubahan ini terjadi dari waktu ke waktu. Pengetahuan tersebut dapat membantu mendukung pengembangan pengobatan serta vaksin.

 “Ketersediaan alat tes IgG SARS-CoV-2 Abbott di Indonesia ini tepat waktu. Kami telah memvalidasi alat tes Abbott ini, sensitivitas dan spesifisitasnya yang tinggi dapat kami gunakan untuk mendukung optimalisasi strategi penyaringan (screening) kami, untuk mengatasi pandemi Covid-19 secara efektif,” kata Dr Dewi Yennita Sari, Kepala Laboratorium Rumah Sakit Persahabatan dalam rilis, Senin (29/6/2020).

I Putu Edi Mahadi, General Manager of Abbott’s diagnostics business di Indonesia mengatakan bahwa Abbott memanfaatkan keahliannya dalam pengetesan penyakit menular dan meningkatkannya untuk menyediakan alat tes Covid-19 yang sangat andal di seluruh dunia.

“Dengan banyaknya jaringan laboratorium publik dan swasta Indonesia menggunakan alat tes IgG SARS-CoV-2 Abbott, kita akan memperoleh informasi yang lebih dalam dan dapat membantu meningkatkan pemahaman mengenai penyebaran virus ini di masyarakat, prevalensi di tingkat wilayah maupun negara, serta pengelolaan pandemi di masa depan,” jelasnya.

Baca juga: Lion Air Group Sediakan Rapid Test Covid-19 dengan Biaya Rp 95 Ribu

Jaringan laboratorium swasta terbesar di Indonesia, PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia), menggunakan alat tes IgG SARS-CoV-2 Abbott sebagai bagian dari penyediaan layanan tes Covid-19.

“Sensitivitas dan spesifisitas yang dimiliki alat tes IgG Abbott, sebagaimana divalidasi oleh Prodia, memberi kami kepercayaan diri pada saat menyampaikan informasi hasil tes Covid-19,” kata Dewi Muliaty M.Si, Direktur Utama Prodia.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply