Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Merugi, Lion Air Group Pilih PHK Karyawan

Topcareer.id – Tiga maskapai yang tergabung dalam Lion Group Air yakni Wings Air, Lion Air dan Batik Air harus rela mem-PHK ratusan karyawannya akibat merugi di tengah pandemi covid-19.

“Keputusan berat tersebut diambil dengan tujuan utama sebagai strategi sejalan mempertahankan kelangsungan bisnis dan perusahaan tetap terjaga, merampingkan operasi perusahaan, mengurangi pengeluaran dan merestrukturisasi organisasi di tengah kondisi operasional penerbangan yang belum kembali normal sebagai dampak pandemi Covid-19,” kata Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro , dalam keterangan resmi yang diterima Topcareer.id, Kamis (2/7/2020).

Menurut Danang, PHK ini diberlakukan bagi tenaga kerja Indonesia dan asing (expatriate) dengan metode pengurangan berdasarkan masa kontrak kerja berakhir dan tidak diperpanjang.

Baca Juga: Berubah, Ini Syarat Terbaru Naik Pesawat Lion Air Group

“Namun apabila di waktu mendatang kondisi perusahaan kembali pulih dan lebih baik secara bisnis, operasional serta pendapatan, maka karyawan dimaksud (yang tidak diperpanjang kontrak kerja) akan diprioritaskan untuk memiliki kesempatan kembali bekerja di Lion Air Group,” tambahnya.

Selain melakukan pengurangan, Danang mengakui juga telah memberlakukan pemotongan pengahasilan seluruh manajemen dan karyawan dengan nilai prosentase yang bervariasi.

“Semakin besar penghasilan semakin besar nilai nominal potongannya. Kebijakan tersebut telah mulai dilaksanakan dan diterapkan mulai Maret sampai waktu yang belum ditentukan,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang didapat, di masa pandemi ini Lion Air Group rata-rata hanya mengoperasikan 10-15% dari kapasitas normal sebelumnya yakni sekitar 1.400 – 1.600 penerbangan per hari.**(RW)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply