Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Ragam Jenis Sepeda, Dari Gunung Hingga untuk Gowes Santai (Bagian 1)

Sumber foto: freepik

Topcareer.id – Memilih sepeda terbaik yang sesuai dengan kebutuhan bisa menjadi tugas yang sulit. Baik bagi kamu yang ingin bepergian untuk bersantai, menjelajahi pedesaan, atau untuk kebugaran.

Ada sejumlah jenis sepeda yang berbeda untuk dipilih. Jika kamu bingung membutuhkan jenis sepeda apa, baca terus artikel ini untuk membantu kamu menemukan yang cocok dengan kebutuhanmu.

Berikut ini ragam model sepeda dan fungsinya:

Bagian pertama dari artikel.

Road bikes
Seperti namanya, sepeda jalanan didesain khusus untuk naik di permukaan jalan. Sepeda ini memiliki kerangka ringan dan ban kurus yang dirancang untuk membantu kamu mencapai kecepatan maksimum, dengan upaya minimum.

Kelebihan: Cepat, efisien, dan menyenangkan
Kekurangan: Lebih mudah rusak, kurang nyaman untuk pengendara biasa

Mountain bikes
Dibuat untuk menghadapi medan off-road paling kasar yang ditawarkan oleh alam. Sepeda gunung dibuat tangguh dengan ban knobbly agresif, yang dirancang untuk menemukan cengkeraman di hampir semua permukaan.

Sepeda ini juga memiliki rem yang kuat menggunakan cakram gaya sepeda motor, dan memiliki suspensi di kedua ujungnya untuk kontrol yang lebih baik terhadap tanah yang kasar.

Gear dirancang untuk membuat kamu mudah naik dan turun di medan yang curam, dengan jangkauan luas untuk mengatasi berbagai gradien.

Walaupun suspensi bagus untuk berkendara di luar jalan raya, namun bobot sepeda gunung lebih berat, dan bisa tidak efisien, jadi sebaiknya dihindari jika kamu berencana untuk menghabiskan sebagian besar waktu kamu untuk bersepeda di jalan.

Kelebihan: Rem hebat, posisi baik, tangguh, serbaguna
Kekurangan: Berat, lambat di jalanan

Hybrid bikes
Diciptakan sebagai titik tengah antara sepeda jalanan dan sepeda gunung, hybrid mengambil pola posisi mengendarai sepeda gunung yang nyaman, dan memasangkannya dengan kerangka yang lebih ringan, serta roda yang berputar cepat.

Sepeda ini hebat jika kamu perlu menempuh jarak jauh di jalan. Sepeda hybrid sering menggunakan rem cakram yang lebih kuat, yang memberikan kinerja yang lebih konsisten dalam cuaca basah.

Sepeda ini dilengkapi juga dengan banyak boncengan, yang memungkinkan kamu untuk membawa lebih banyak barang, seperti tas keranjang beban spesialis.

Kelebihan: Cukup cepat, fleksibel, tegak
Kekurangan: Biasanya lebih berat daripada sepeda jalan, dan tidak terlalu cepat

Touring bike
Sepeda touring dirancang untuk membawa segala sesuatu pada petualangan lintas benua. Sepeda ini cenderung memiliki roda 700c yang sama cepatnya, dan bergulir seperti sepeda jalan dan hybrid, tetapi dengan ban yang lebih gemuk. Ini memungkinkan kamu untuk mengambil campuran medan dengan nyaman.

Posisi mengendarai yang lebih santai dan geometri sepeda yang lebih stabil memungkinkan kamu untuk melakukan hampir semua hal, baik berupa lintasan gunung, atau berkendara cepat untuk bekerja.

Kelebihan: Tangguh, banyak kapasitas angkut
Kekurangan: Tidak hebat untuk balapan

Gravel bike
Gravel bike mengkombinasikan tampilan sepeda jalan dan kecepatan, dengan banyak frame clearance, serta ban knobbly selebar 35mm atau lebih, yang dapat membawa kamu melintasi hampir semua medan. Ini termasuk aspal yang mengerikan, lumpur, jembatan gantung, jalur kerikil dan banyak lagi.

Gravel bike terbuat dari baja, aluminium, karbon, dan titanium, dengan harga beragam, mulai dari yang terjangkau hingga mahal.

Kelebihan: Cepat, nyaman, praktis
Kekurangan: Menarik bagi pencuri

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply