Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Ragam Jenis Sepeda, Dari Gunung Hingga untuk Gowes Santai (Bagian 2)

Sumber foto: Freepik

Topcareer.id – Memilih sepeda terbaik yang sesuai dengan kebutuhan bisa menjadi tugas yang sulit. Baik bagi kamu yang ingin bepergian untuk bersantai, menjelajahi pedesaan, atau untuk kebugaran.

Ada sejumlah jenis sepeda yang berbeda untuk dipilih. Jika kamu bingung membutuhkan jenis sepeda apa, baca terus artikel ini untuk membantu kamu menemukan yang cocok dengan kebutuhanmu.

Berikut ini ragam model sepeda dan fungsinya:

Bagian akhir dari artikel.

Cyclocross bike
Memiliki konsep yang mirip dengan gravel bike, tetapi dirancang untuk balapan. Ini berarti bahwa meskipun memiliki ban yang gemuk, setang yang jatuh, dan menggunakan rem cakram, sepeda ini mungkin tidak memiliki alat kelengkapan untuk membawa barang.

Geometri mereka biasanya lebih agresif daripada gravel dan touring bike, menjadikannya proposisi yang kurang menarik untuk berlama-lama duduk di atas sadelnya

Kelebihan: Solusi bersepeda cepat dan berdedikasi untuk pembalap
Kekurangan: Biasanya tidak se-serbaguna seperti gravel atau touring bike

Fixed gear
Populer di seluruh dunia, dan satu-satunya pilihan jika kamu ingin mengendarai sepeda di velodrome. Sepeda Fixie merupakan jenis sepeda yang paling sederhana. Fixie sejati tidak memiliki freewheel, jadi kamu harus terus mengayuh pedal jika ingin terus bergerak.

Fixie bisa jadi secepat kilat di tangan pengendara yang ulung dan kesederhanaanya membuat perawatan cukup minimal. Fixie adalah salah satu sepeda terbaik untuk bepergian. Inilah yang membuat mereka populer.

Kelebihan: Ringan, sederhana, cepat
Kekurangan: Diperlukan beberapa keterampilan dalam mengendarainya, sulit dan berat saat menghadapi jalan berbukit atau menanjak

City bike
Sepeda bergaya Belanda ini melakukan pekerjaannya dengan sangat baik dalam menyediakan transportasi jarak pendek di kota-kota dengan jalanan datar.

Yang menarik dari gaya sepeda ini adalah kesederhanaan, kepraktisan, dan kekokohannya. City bike biasanya memiliki chainguard dan pedal datar, sehingga kamu bisa naik ke atas dengan pakaian biasa.

Kelebihan: Terlihat bagus, posisi mengendarai santai, praktis, ideal untuk mengenakan pakaian normal, tahan lama
Kekurangan: Berat dan lambat

Electric bike
Dengan bantuan dari motor yang kuat, sepeda listrik atau e-bike sangat bagus jika kamu seorang komuter yang perlu tiba di tempat kerja dalam kondisi yang tidak terlalu berkeringat.

E-bike yang lebih kuat (beberapa dengan throttle gaya sepeda motor) juga tersedia. Sebagian besar e-bike dirancang agar nyaman dan mudah dijalani dengan setang datar dan kapasitas bagasi.

Kelebihan: Mudah dikendarai, nyaman, menyenangkan
Kekurangan: Pengisian ulang reguler baterai, lebih berat dan secara signifikan lebih mahal daripada sepeda standar yang setara

Folding bike
Jika kamu perlu mengombinasikan sedikit berkendara dengan portabilitas perkotaan, maka tidak ada yang lebih baik dari sepeda lipat. Sepeda ini ideal ketika kamu mungkin harus menyambung perjalanan menggunakan kereta atau bus, untuk mencapai tempat yang kamu tuju. Sepeda lipat sangat populer di kota besar.

Kelebihan: Sangat nyaman untuk disimpan, dapat dibawa naik transportasi umum, roda kecil cepat untuk berakselerasi
Kekurangan: Lebih berat dan lebih lambat dari sepeda roda besar dan tidak stabil

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply