Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Jogging 30 Menit Per Hari Bisa Cegah Penuaan Sel Hingga 9 Tahun

Topcareer.id – Seorang peneliti dari Universitas Brigham Young di Provo, Utah, Amerika Serikat menemukan bahwa jogging selama 30 atau 40 menit setiap hari selama 5 hari setiap minggunya dapat mengurangi pemendekan telomer dan mengurangi penuaan sel hingga 9 tahun.

Telomer adalah tutup pelindung di ujung kromosom, yang merupakan struktur seperti benang dalam sel yang menyimpan DNA. Mereka sering dibandingkan dengan ujung plastik di ujung tali sepatu, karena mereka menghentikan ujung kromosom dari keretakan dan menempel pada kromosom lain.

Telomer dianggap sebagai penanda usia biologis. Seiring bertambahnya usia, panjang telomer menjadi lebih pendek. Ketika telomer menjadi terlalu pendek, mereka tidak lagi mampu melindungi kromosom, yang dapat menyebabkan sel berhenti berfungsi dan mati.

Faktor gaya hidup yang buruk, seperti kurang olahraga, juga dapat berkontribusi terhadap pemendekan telomer dengan menyebabkan stres oksidatif, yang merupakan ketidakmampuan tubuh untuk mengimbangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca Juga: Patut Dicoba, Jogging Kecil Turunkan Risiko Kematian Dini

Studi yang dilakukan oleh Prof. Larry Tucker dari Departemen Exercise Sciences di Brigham menunjukkan betapa pentingnya aktivitas fisik untuk melindungi diri terhadap penuaan sel, seperti dikutip dari MedicalNewsToday, Kamis (2/7/2020).

Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Preventative Medicine. Untuk studinya ini, Prof. Tucker menganalisis data dari 5.823 orang dewasa yang merupakan bagian dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional 1999-2002.

Peneliti melihat panjang telomer masing-masing peserta. Selain itu, ia melihat partisipasi subyek dalam 62 aktivitas fisik selama periode 30 hari, menggunakan informasi ini untuk menghitung tingkat aktivitas fisik mereka.

Dibandingkan dengan peserta yang tidak aktif, mereka yang sangat aktif ditemukan memiliki panjang telomer yang mewakili usia biologis 9 tahun lebih muda, dan usia biologis 7 tahun lebih muda dibandingkan dengan mereka yang cukup aktif.

Tiga puluh menit jogging setiap hari selama 5 hari per minggu dianggap sangat aktif untuk wanita, sedangkan 40 menit joging setiap hari selama 5 hari setiap minggu dianggap sangat aktif untuk pria.

Tucker mengatakan bahwa dia terkejut menemukan bahwa panjang telomer antara peserta yang tidak aktif dan mereka yang cukup aktif tidak berbeda secara signifikan. Ini menunjukkan bahwa untuk melindungi terhadap penuaan sel, aktivitas fisik tingkat tinggi adalah yang terbaik.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply