Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 14, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bayi Lahir Kecil, Ibu Kurang Minum Susu Saat Hamil

Ilustrasi. (dok. Soymilk Quick)

Topcareer.id – Wanita hamil mesti cukup mengonsumsi nutrisi yang mengandung vitamin D. Penelitian yang dilansir Canadian Medical Association Journal, menyebut kekurangan vitamin D berpotensi membuat berat bayi yang dilahirkan lebih kecil dibanding bayi dari ibu yang cukup vitamin tersebut.

Menurut para peneliti, kekurangan vitamin D bisa terjadi akibat ibu hamil membatasi minum susu selama masa kehamilannya. Tindakan serupa juga bisa membuat mereka kekurangan protein, kalsium, dan riboflavin (vitamin B2).

Baca juga: Studi: Minum Alkohol Saat Hamil Hasilkan Anak Bandel

Penelitian dilakukan pada wanita hamil berusia 19-45 tahun di Calgary, Alberta, Kanada. Ibu hamil masuk kategori kurang minum susu jika hanya mengonsumsi susu 250 mililiter atau kurang dalam sehari.

Bayi yang dilahirkan oleh ibu yang masuk kategori itu beratnya lebih rendah dibanding ibu yang cukup minum susu.

Para peneliti percaya, konsumsi susu dan asupan vitamin D signifikan untuk meramalkan berat bayi saat lahir. Tambahan secangkir susu sehari potensial menambah 41 gram berat bayi lahir. Sedangkan setiap tambahan satu mikrogram vitamin D berhubungan dengan bertambahnya bobot bayi lahir sebesar 11 gram. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply