Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Studi: Minum Alkohol Saat Hamil Hasilkan Anak Bandel

Ilustrasi. (dok. CDC)

Topcareer.id – Peringatan bagi perempuan yang sedang hamil: jangan coba-coba menenggak minuman beralkohol. Meski hanya satu-dua teguk, alkohol bisa mengakibatkan anak yang dilahirkan bermasalah dengan perilaku.

Kepada Reuters Health, Dr. Virginia Delaney-Black, dokter di rumah sakit anak di Michigan, AS, mengatakan bahwa studi yang dilakukan timnya menunjukkan dampak merugikan akibat si ibu minum sedikit alkohol sebelum melahirkan.

Dr. Delaney-Black, Dr. Beena Sood dari Wayne State University di Detroit, Michigan, dan rekannya menuliskan hasil temuan mereka dalam jurnal Pediatrics.

Baca juga: Cara Tetap Cantik dan Segar Meski Tengah Hamil

Studi dilakukan terhadap 506 perempuan yang mendapat perawatan prenatal (pra-kelahiran) di rumah sakit universitas. Mereka ditanyai tentang konsumsi alkohol selama kehamilan. Mereka lalu dikontak lagi setelah anak-anak mereka berusia 6 dan 7 tahun, yang kemudian diuji problem perilakunya.

Penelitian ini mempertimbangkan pula faktor yang bisa mempengaruhi tingkah laku anak-anak. Ternyata, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi minuman beralkohol, perempuan yang minum seloki minuman keras sekali seminggu selama kehamilan punya kemungkinan tiga kali lipat melahirkan anak dengan perilaku bermasalah seperti nakal, agresif, dan berbagai problem kekurangan perhatian. *

the authorAde Irwansyah

Tinggalkan Balasan