Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Sekolah

6 Sekolah Tinggi Pariwisata yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan Kuliah

Topcareer.id – Walaupun pandemi virus corona telah menyebabkan krisis di berbagai industri termasuk pariwisata dan perhotelan, namun sekolah jurusan pariwisata masih tetap dicari.

Banyaknya tempat wisata potensial di Indonesia dan dunia membuat para lulusan sekolah pariwisata tetap tak kalah banyak memiliki tempat pilihan kerja.

Jika kamu suka traveling dan liburan, sekolah jurusan pariwisata bisa kamu jadikan pertimbangan, selain karena prospek kerjanya yang bagus ke depannya, kamu juga akan menjalani proses belajar yang menyenangkan, praktek kerja, hingga kegiatan traveling.

Baca Juga: Optimis Wabah Corona Berlalu, Industri Pariwisata Diminta Siapkan Paket Liburan Akhir Tahun

Nah, berikut ini ada beberapa pilihan sekolah pariwisata bagi kamu yang berminat untuk masuk ke bidang pariwisata dan perhotelan di Indonesia.

1. Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Bandung (STPIB)

Perguruan tinggi yang telah berdiri sejak tahun 1959 ini dinaungi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi. STPIB memiliki lokasi strategis di Jalan Dr. Setiabudhi, Bandung. Sehingga kampus yang sering disebut dengan Enhaii Bandung ini mudah ditemukan. Ada 3 jurusan yang bisa kamu pilih, yaitu jurusan Hospitality, Kepariwisataan dan Perjalanan.

Hospitality
S1 Studi Akomodasi dan Katering (SAK)
D4 Administrasi Hotel (ADH)
D3 Manajemen Divisi Kamar (MDK)
D3 Manajemen Tata Hidang (MTH)
D3 Manajemen Patiseri (MPI)

Kepariwisataan
S1 Studi Destinasi Pariwisata (SDP)
D4 Manajemen Destinasi Pariwisata (MDP)
D4 Manajemen Bisnis Pariwisata (MBW)

Perjalanan
S1 Studi Industri Perjalanan (SIP)
D4 Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP)
D4 Manajemen Bisni Konvensi dan Event (MBK)
D4 Manajemen Pengaturan Perjalanan (MPP)

2. Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

Sekolah Tinggi ini berada di Yogyakarta, kota yang terkenal dengan pariwisata dan pendidikannya. Fasilitas di sekolah ini cukup menarik. Desain bangunan tradisional namun dilengkapi dengan berbagai macam laboratorium seperti lab Bahasa, Kitchen and Pastry, Restaurant, Bar, Komputer, Housekeeping, serta musik studio dan alat musik gamelan lengkap. 4 jurusan bisa dijadikan pilihan dengan berbagai tingkatan, mulai dari S1, D3 dan D4.

S1 Pariwisata (Akreditasi B)
D3 Perhotelan (Akreditasi B)
D4 Administrasi Hotel (Akreditasi A)
D3 Manajemen Bisnis Perjalanan (Akreditasi B)

3. STPSS (STP Sahid Surakarta)

Sekolah tingi ini telah berkiprah di bidang pendidikan kepariwisataan, perhotelan, dan kewirausahaan sejak 1998 dan merupakan Perguruan Tinggi Pariwisata TERBAIK di Jawa Tengah dengan menempati Ranking ke-180 TERBAIK dari 3.320 PTN dan PTS yang ada di Indonesia. Rata-rata 85% tiap tahunnya lulusan STP Sahid Surakarta telah mendapatkan pekerjaan sebelum diwisuda dan sisanya memiliki masa tunggu maksimal 2 (dua) bulan sampai mendapatkan pekerjaan. Sebagian diantara mereka juga sukses berwirausaha dan sebagian lainnya melanjutkan studi ke jenjang S2 (magister) di dalam dan di luar negeri.

STP Sahid Surakarta memiliki beragam pilihan Jurusan seperti:
D1 Perhotelan
D3 Kepariwisataan
S1 Terapan Pariwisata
S1 Double Degree (S.Tr.Par & B.Sc.Tourism) yang diakui secara internasional dengan 3 (tiga) tahun kuliah di STP Sahid Surakarta + 1 (satu) tahun kuliah di Burapha University, Thailand atau di Imus Institute of Science and Technology, Philippines.

Fasilitas yang disediakan STPSS cukup lengkap, mulai dari laboratorium Kitchen, Pastry, Restaurant, Housekeeping, Front Office, Library, Auditorium, Travel Bus, dan lain-lain.

4. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti – – – – – ->>>baca di halaman berikutnya

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply