Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Studi: Laki-Laki Lebih Sering Dianggap Brilian daripada Perempuan

dok. Crosswalk

Topcareer.id – “Wow, dia sungguh brilian.” Pujian ini memang bisa ditujukan pada siapa saja, terlepas dari gendernya. Tapi, penelitian terbaru menyebut bahwa laki-laki lebih sering mendapatkannya.

Ini adalah temuan dari sebuah studi ekspansif baru dari New York University, yang menemukan bahwa orang dewasa dan siswa sekolah dasar di 79 negara menganggap laki-laki lebih cemerlang daripada perempuan. Pengaruh hal ini dalam karier juga sangat besar.

“Stereotip yang menggambarkan kecemerlangan (brilian) sebagai sifat laki-laki cenderung menahan perempuan di berbagai karier bergengsi,” kata penulis utama Daniel Storage, asisten profesor psikologi di University of Denver, dikutip dari laman Fast Company.

Baca juga: Studi: Makan Es Krim Bisa Turunkan Tingkat Stres. Ini Penjelasannya

Penelitian co author Andrei Cimpian sebelumnya menemukan bahwa perempuan kurang terwakili dalam karier yang membutuhkan tingkat jenius yang tinggi, karena mereka tidak dianggap memiliki bakat intelektual yang mentah pada tingkat yang sama dengan laki-laki.

Tingkat kecemerlangan tertentu diperlukan untuk merancang studi yang mengukur bias implisit ini, karena kebanyakan orang, termasuk peserta dalam penelitian ini, menyatakan bahwa mereka tidak percaya bahwa laki-laki lebih pintar daripada perempuan. Tetapi pikiran mereka mengungkapkan sebaliknya.

Ini disebut “stereotip implisit,” yang merupakan asumsi otomatis tentang gender dan kecerdasan.

Baca juga: Studi: Beberapa Orang Mungkin Kebal Terhadap Virus Corona

Untuk mengidentifikasinya, para peneliti menggunakan Tes Asosiasi Implisit, sebuah tugas penyortiran cepat yang terkenal, di mana para peserta dengan cepat mengkategorikan gambar dan kata-kata yang muncul, sehingga mengungkapkan asosiasi tersirat mereka. Hasilnya konsisten di lima studi.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply