Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Perusahaan di Seluruh Dunia Diprediksi Ambil Utang Baru Hingga USD1 Triliun

Topcareer.id – Perusahaan-perusahaan di seluruh dunia diprediksi akan mengambil utang baru sebanyak USD1 triliun pada 2020, ketika mereka mencoba untuk menopang keuangan mereka menghadapi pandemi virus corona, sebuah studi baru memperkirakan 900 perusahaan terkemuka.

Peningkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya akan memperkirakan total utang perusahaan global melonjak 12% menjadi sekitar USD9,3 triliun. Angka ini menambah akumulasi yang membuat perusahaan-perusahaan di negara dengan ekonomi menengah sebagai perusahaan yang paling banyak berhutang di dunia.

Dikutip dari laman Reuters, tahun lalu juga mengalami kenaikan tajam 8%, didorong oleh merger dan akuisisi, dan oleh perusahaan-perusahaan yang meminjam untuk mendanai pembelian kembali saham dan dividen. Tapi lompatan tahun ini menjadi alasan yang sangat berbeda.

Baca Juga: Utang Luar Negeri Indonesia Capai USD192,4 Miliar di Akhir April 2020

“Covid-19 telah mengubah segalanya. Sekarang ini tentang melestarikan modal dan membangun neraca yang diperkaya,” kata Seth Meyer, manajer portofolio di Janus Henderson, perusahaan yang menyusun analisis untuk indeks utang perusahaan baru.

Perusahaan menarik pasar obligasi sebesar USD384 miliar antara Januari dan Mei, dan Meyer memperkirakan bahwa beberapa minggu terakhir telah menetapkan rekor baru untuk penerbitan utang dari perusahaan berisiko dengan peringkat kredit yang lebih rendah.

Pasar pinjaman telah ditutup kecuali untuk perusahaan-perusahaan yang paling tepercaya pada bulan Maret, tetapi telah dibuka lebar lagi oleh program-program pembelian utang perusahaan darurat dari bank-bank sentral seperti Federal Reserve AS, Bank Sentral Eropa dan Bank Jepang.

Perusahaan yang termasuk dalam indeks utang baru sudah berutang hampir 40% lebih banyak daripada yang mereka lakukan pada 2014, dan pertumbuhan utang telah dengan nyaman melampaui pertumbuhan laba.

Baca Juga: 3 Perusahaan Besar Dunia Ini Pernah Hampir Bangkrut

Keuntungan sebelum pajak untuk kelompok yang sama dari 900 perusahaan telah meningkat 9,1% secara kolektif menjadi $ 2,3 triliun. Gearing, ukuran utang relatif terhadap keuangan pemegang saham, mencapai rekor 59% pada 2019, sementara proporsi laba yang ditujukan untuk pembayaran pembayaran bunga juga naik ke posisi tertinggi baru.

Perusahaan-perusahaan Amerika Serikat berutang hampir setengah dari utang perusahaan dunia sebesar USD3,9 triliun dan telah melihat peningkatan tercepat dalam lima tahun terakhir dari setiap ekonomi utama, kecuali Swiss.

Jerman berada di nomor dua dengan USD762 miliar. Lalu ada Volkswagen, dengan USD192 miliar utang tidak jauh di belakang negara-negara seperti Afrika Selatan atau Hongaria, meskipun ia meningkat oleh lengan pembiayaan mobilnya.

Sebaliknya, seperempat perusahaan dalam indeks baru tidak memiliki hutang sama sekali, dan beberapa memiliki cadangan uang tunai yang besar. Yang terbesar adalah USD104 miliar milik Alphabet pemilik Google.**(RW)

Leave a Reply