Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Lima Layanan Gojek yang Paling Sering Digunakan Saat Pandemi

Driver Gojek bawa GoFood. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Akibat pandemi, kebiasaan hampir tiap orang berubah drastis, menyesuaikan kehidupan saat di rumah saja demi mencegah penyebaran Covid-19. Gojek, aplikasi layanan on demand memberikan pandangannya soal perubahan kebiasaan pengguna selama tiga bulan di rumah saja.

Dalam rilisnya, Gojek menjabarkan ada lima layanan Gojek yang paling sering digunakan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

1. Layanan pesan-antar makanan dan belanjaan: GoFood dan GoMart

“Sejak diluncurkan di bulan April, transaksi pembelian menu makanan siap masak GoFood naik 3x lipat selama 1 bulan. Masaknya nggak nanggung-nanggung, jumlah item makanan siap masak yang terjual pun naik 2,3x lipat,” tulis Gojek.

Menuruti kebijakan PSBB, pengguna Gojek berbelanja untuk kebutuhan harian dari rumah, sehingga transaksi di GoMart naik 3x lipat dan jumlah produk yang dibeli per transaksi naik 4, 6x lipat selama masa pandemi. Aneka produk yang paling sering dibeli lewat platform GoMart termasuk mie instan, roti dan susu.

Baca Juga: Ingin Cepat Dapat Ojol? Pakai GoRide Instan

2. Layanan dompet digital: GoPay

“Pengguna Gojek makin murah hati berbagi rezeki selama bulan Ramadhan; fitur transfer saldo GoPay ke sesama pengguna naik 4x lipat dibanding Ramadhan tahun lalu. Pengguna tambah rajin menabung selama masa pandemi, transaksi GoPay di platform investasi reksadana, Bibit.id, naik 2x lipat.”kata Gojek

Pembelian kupon games dengan GoPay juga meningkat secara signifikan. Bulan Mei mengalami puncak kenaikan sebesar 3x lipat dibanding bulan biasa. Dilihat dari pembayaran top-up game lewat GoPay, Free Fire, Mobile Legends dan PUBG Online jadi game favorit para gamers.

“GoPay juga sering dipakai untuk transaksi di platform Halodoc (GoMed) yang naik 2x lipat selama bulan Maret – Mei 2020. Pembelian obat lewat GoMed pun naik 103% dari periode pre-pandemi,” kata Gojek.

3. Layanan donasi digital: GoPay dan GoGive

Total donasi yang disalurkan menggunakan GoPay sampai Rp45 miliar pada periode Maret-Mei 2020 atau naik 2x lipat dibandingkan periode sebelum pandemi. Pengguna turut berbagi kepada driver, tip di akhir layanan sampai Rp77,6 miliar pada periode yang sama, naik dua (2) kali lipat selama pandemi.

Baca Juga: Cara Gojek Lindungi Mitra Driver GoRide dan GoCar Saat Wabah COVID-19

4. Layanan streaming dan hiburan: GoGames, GoPlay dan GoTix

Para gamers makin asyik main game online, hingga jumlah sesi permainan di platform GoGames naik 64x lipat. Game yang menjadi favorit selama periode ini termasuk Bubble Words dan Cake Slider.

Pengguna Gojek menikmati waktu di rumah bersama konten lokal berkualitas di platform GoPlay, yang naik 10x lipat selama bulan Maret sampai Mei, apalagi genre horror, thriller dan komedi romantis. Jumlah acara di platform GoTix naik 32x lipat, terutama untuk acara konser musik dan seminar.

5. Layanan pengiriman barang: GoSend

Pengguna Gojek tetap jaga silaturahmi yang kuat lewat kirim-kirim barang; jumlah pesanan layanan GoSend naik hampir 90%. Pengiriman brang pun jauh lebih banyak selama Ramadhan, di mana lebih dari 80% transaksi GoSend adalah untuk mengantar makanan dan minuman.

“Sebanyak 85% dari pengguna Gojek mengandalkan layanan instan GoSend (1-2 jam), sampai total jarak tempuh layanan instan melebihi 70 kilometer yang sama seperti kalau kita keliling dunia 1750 kali.”**(RW)

Leave a Reply