Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, July 8, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Cara Gojek Lindungi Mitra Driver GoRide dan GoCar Saat Wabah COVID-19

Driver ojol Gojek. (dok. Katadata)

Topcareer.id – GoJek salah satu perusahaan aplikasi layanan on-demand ikut mengeluarkan kebijakan-kebijakan guna mendukung para pekerja dan mitranya memerangi virus corona COVID-19. Gojek pun berusaha meningkatkan produktivitas para mitra driver Goride maupun GoCar dengan beberapa cara.

“Mitra kami adalah pihak yang berjasa untuk menyediakan makanan dan layanan on-demand sehingga masyarakat dapat tetap produktif ketika tetap berada di rumah guna menerapkan social distancing (seperti #dirumahaja),” tulis Co Ceo Gojek Kevin Aluwi dan Andre Soelistyo dalam sebuah email pekan lalu.

Ia melanjutkan, “Untuk itu, merupakan tanggung jawab kami terhadap mitra driver untuk memastikan mereka tetap aman dan produktif. Kami memahami adanya risiko terhadap mitra driver GoCar dan GoRide dalam menjalani pekerjaan mereka sehari-hari.”

Baca juga: Cara Grab Lakukan Social Distancing Antara Driver Dan Pelanggan

Pihak Gojek melakukan berbagai upaya pencegahan, termasuk berupaya keras untuk menyediakan hand sanitizer dan masker yang saat ini persediaannya sangat terbatas.

“Di beberapa kantor operasional kami, telah dilakukan penyediaan masker dan hand sanitizer untuk para mitra driver. Meskipun sangat sulit untuk mendapatkan kedua barang tersebut, kami terus berupaya semaksimal mungkin agar semakin banyak mitra driver kami yang dapat menggunakannya.”

Gojek juga menyatakan secara aktif menggandeng berbagai pihak dari sektor publik dan swasta untuk mendapatkan suplai berbagai barang dan kebutuhan yang dapat membantu mitra driver untuk tetap sehat dan aman dari risiko COVID-19 dalam beberapa hari dan minggu ke depan.

Pekan kemarin, Gojek meluncurkan skema bantuan pendapatan bagi mitra driver yang terdiagnosa COVID-19. Pihaknya memberikan pendapatan selama 14 hari dan menghentikan cicilan yang berjalan (contoh: asuransi, cicilan kendaraan, dan lain sebagainya) hingga mereka kembali bekerja.

Baca juga: Panduan Pesan GoFood untuk Driver dan Merchant Saat Wabah Corona

“Kami merupakan perusahaan on-demand pertama di Indonesia yang menerapkan kebijakan ini untuk mendukung mitra driver.”

Untuk memastikan keamanan bersama, kebijakan Gojek adalah menonaktifkan sementara akun mitra driver yang terinfeksi COVID-19, hingga adanya konfirmasi dari tes kesehatan yang dilakukan pemerintah.

“Kami memiliki tim yang bekerja 24/7 untuk membantu menghubungkan mitra kami dengan rumah sakit atau otoritas kesehatan jika memiliki isu terkait dengan COVID-19.”

Upaya-upaya Gojek yang disampaikan, kata mereka, mustahil dapat sukses tanpa semangat “Gotong Royong” yang nyata dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat dan pelanggan Gojek yang secara sukarela mengisolasi diri mereka di rumah.

“Yang juga sangat penting untuk dicatat adalah peran luar biasa mitra kami, yang dengan tetap mengedepankan aspek keamanan, senantiasa siap berada di garda terdepan untuk menyediakan makanan, layanan dan transportasi sehingga kita semua tetap dapat menjalani kehidupan senormal mungkin.” *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply