Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Apa Itu IMEI yang Terdapat di Ponsel dan Mengapa Itu Penting?

Sumber foto: m.gearbest.com

Topcareer.id – Sebagian orang masih ada yang bertanya-tanya apa itu IMEI? Apakah kamu termasuk juga yang terkadang bertanya-tanya apa sih IMEI itu? Dan kenapa itu penting?

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor unik untuk mengidentifikasi perangkat di jaringan seluler. Kamu bisa menganggapnya sebagai nomor jaminan sosial ponsel kamu. IMEI memiliki 15 digit dan diberikan untuk setiap telepon GSM. Untuk perangkat CDMA memiliki nomor MEID (Mobile Equipment IDentifier).

Nomor IMEI ini akan berguna ketika ponsel kamu hilang atau dicuri. Ini bukan berarti secara ajaib akan membawa pnsel kamu kembali sekejap mata, tetapi kamu dapat memastikan siapa pun yang menemukan atau mencurinya tidak akan dapat menggunakannya.

Operator kamu akan mem-black list perangkat berdasarkan nomor IMEI-nya. Ini berarti ponsel tidak akan dapat melakukan / menerima panggilan lagi atau terhubung online melalui jaringan seluler, bahkan dengan kartu SIM baru.

Baca juga: Regulasi IMEI: Bagaimana Nasib Ponsel yang Dibeli di Luar Negeri?

Nomor IMEI juga sangat berguna saat membeli telepon bekas. Kamu bisa menghubungi ke layanan konsumen (customer service, customer care) masing-masing operator seluler, sesuai dengan nomor yang digunakan, untuk meminta bantuan cek IMEI.

Nomor IMEI juga mengungkapkan banyak detail lainnya tentang ponsel. Ini termasuk merek dan model, tahun rilis, dan spesifikasi. Kamu bisa mencobanya dengan mengunjungi IMEI.info (https://www.imei.info/) dan mengetik nomor IMEI ponsel kamu, gratis.

Cara termudah untuk memeriksa IMEI pada ponsel Android adalah dengan memanggil *#06# setelah itu nomornya akan muncul di layar ponsel kamu. Untuk perangkat iPhone kamu bisa memeriksa IMEI dalam pengaturan perangkat melalui general setting.

Untuk ponsel lama cek nomor IMEI-nya bisa dengan membuka penutup belakang yang dapat dilepas. Opsi terakhir adalah memeriksa kemasan ponsel saat kamu baru membelinya. Nomor IMEI harus dicetak pada stiker yang terletak di box ponsel.

Metode apa pun yang kamu gunakan, pastikan untuk menuliskan dan menyimpan nomor IMEI agar tetap aman. Pastikan juga kamu tidak membagikan nomor IMEI dengan orang lain untuk menghindari pihak yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan IMEI kamu. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply