Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Cloud Computing

Ilustrasi. (dok. Health IT Briefing)

Topcareer.id – Situasi yang semakin modern terus mendorong perkembangan teknologi, salah satunya cloud computing yang kini makin populer digunakan oleh banyak industri.

Cloud computing diakui oleh banyak penggunanya sangat membantu dalam menjalani bisnis mereka, banyak kelebihan dimiliki oleh teknologi ini.

Tetapi ada juga yang merasakan bahwa cloud computing juga memiliki kekurangan yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum menggunakannya.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari cloud computing.

Baca juga: Tip Rekrut Ahli Keamanan Cloud dan Cara Bikin Mereka Betah

Kelebihan cloud computing:

  • Hemat biaya
    Penghematan biaya merupakan manfaat terbesar dari komputasi awan. Ini membantu untuk menghemat biaya modal yang besar karena tidak memerlukan investasi perangkat keras fisik apa pun. Selain itu, tidak diperlukan personel terlatih untuk memelihara perangkat kerasnya. Pembelian dan pengelolaan peralatan dilakukan oleh penyedia layanan cloud.
  • Strategis
    Komputasi awan menawarkan keunggulan kompetitif atas pesaing. Ini membantu untuk mengakses aplikasi terbaru dan kapan saja tanpa menghabiskan waktu dan uang untuk instalasi.
  • Kecepatan tinggi
    Komputasi awan memungkinkan untuk menggunakan layanan dengan cepat dalam beberapa klik. Penempatan yang lebih cepat ini memungkinkan untuk mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan bagi sistem hanya dalam waktu beberapa menit.
  • Cadangkan dan pulihkan data
    Setelah data disimpan di Cloud, lebih mudah untuk mendapatkan back-up dan pemulihan.

Integrasi perangkat lunak otomatis

Di cloud, integrasi perangkat lunak adalah sesuatu yang terjadi secara otomatis. Karena itu, tidak perlu melakukan upaya tambahan untuk menyesuaikan dan mengintegrasikan aplikasi yang sesuai kebutuhan.

  • Keandalan
    Ini salah satu nilai tambah terbesar dari komputasi awan. Bisnis selalu mendapat pembaruan secara instan tentang perubahan.
  • Mobilitas
    Karyawan yang bekerja di lokasi manapun di seluruh dunia dapat dengan mudah mengakses semua layanan cloud computing. Yang mereka butuhkan hanyalah konektivitas Internet.
  • Kapasitas penyimpanan
    Cloud menawarkan kapasitas penyimpanan yang hampir tak terbatas. Kapan saja penggunanya dapat dengan cepat memperluas kapasitas penyimpanan dengan biaya bulanan yang terjangkau.
  • Kolaborasi
    Platform cloud computing membantu karyawan yang berada di berbagai wilayah untuk berkolaborasi dengan cara yang sangat nyaman dan aman.
  • Penerapan yang cepat dan mudah
    Ketika memutuskan untuk menggunakan cloud, seluruh sistem dapat berfungsi penuh dalam beberapa menit. Meskipun, jumlah waktu yang dibutuhkan tergantung pada jenis teknologi yang digunakan dalam bisnis.

Baca lebih jauh di halaman berikutnya>>

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply