Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Apakah Simpan Baterai di Lemari Es Bisa Memperpanjang Umur Baterai?

Ilustrasi. (dok. Components 101)

Topcareer.id – Ada sebagian orang yang beranggapan menyimpan baterai dalam lemari es akan memperpanjang usia baterai. Bahkan sampai sekarang masih ada saja yang mempercayai hal ini.

Namun, apakah ini benar? Bagaimana fakta yang sebenarnya?

Jadi, mitos menyimpan baterai di lemari es memperpanjang usia baterai jika dikaitkan dengan fakta memang sebagian ada benarnya, tetapi kamu sebaiknya tidak melakukannya.

Untuk memahami alasannya, kamu harus mengetahui cara kerja baterai. Ini penjelasan untuk baterai jenis AA dan AAA biasa – bukan baterai smartphone atau laptop.

Baca juga: Penjualan Kendaraan Listrik Diperkirakan Melonjak pada 2021

Baterai melepaskan energi karena reaksi kimia antara dua atau lebih senyawa yang tersimpan di dalamnya. Elektron mengalir keluar dari satu terminal, melalui perangkat apa pun yang dihidupkan, dan kembali ke terminal lain.

Tetapi bahkan ketika mereka tidak dicolokkan, elektron-elektron tersebut dapat menyelinap keluar dari baterai tanpa terlihat, dan menguras kapasitas mereka melalui proses yang disebut self-discharge.

“Itu mitos yang sudah lama beredar, dan sebenarnya jawabannya tidak,” kata Tom Van Voy dari Panasonic Energy Corp. of America.

Semua merek baterai merekomendasikan lingkungan yang bersih, kering, dan bersuhu kamar untuk menyimpannya. Bila disimpan dengan benar, self discharge cukup kecil, hanya sekitar 3% per tahun. Untuk baterai lithium sekali pakai akan kehilangan lebih sedikit. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply