Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Warna yang Kita Lihat Saat Pejamkan Mata Bukan Hitam, Melainkan…

Ilustrasi. (dik. Cluter Busting)

Topcareer.id – Pernahkah kamu berpikir apa warna sebenarnya yang kamu lihat pada saat memejamkan mata. Jika kamu merasa itu adalah warna hitam, kamu salah.

Warna yang kamu lihat saat kamu memejamkan mata disebut dengan Eigengrau, yang didefinisikan sebagai warna abu-abu gelap yang dilihat mata manusia dalam kegelapan sempurna dan ini dikatakan sebagai hasil sinyal visual dari saraf optik.

Filsuf dan fisikawan Jerman Gustav Theodor Fechner diyakini telah menyelidiki dan mempopulerkan istilah Eigengrau. Ia juga dikenal karena peran kuncinya dalam genesis pengukuran persepsi manusia. Menjadi pelopor awal dalam psikologi eksperimental, ia mendirikan psikofisika dan diyakini telah menginspirasi sebagian besar filsuf dan ilmuwan abad ke-20.

Baca juga: Kenapa Proses Pembuatan Film Selalu Terdapat Layar Berwarna Hijau

Apa warna paling gelap yang pernah dilihat manusia? Bagi kebanyakan orang, jawaban yang jelas adalah hitam. Bagaimanapun, hitam menurut definisi adalah tidak adanya cahaya. Tapi kegelapan total tidak sejauh yang bisa dipikirkan manusia.

Paradoksnya manusia membutuhkan cahaya untuk melihat kegelapan. Mari coba pahami bagaimana manusia memandang kegelapan dengan sedikit eksperimen. Pilih objek hitam di depan kamu dan menatapnya sekitar satu detik. Sekarang tutup mata kamu selama beberapa detik dan biarkan mereka menyesuaikan.

Kamu mungkin perlu menutup mata jika berada di ruangan yang terang atau di luar. Sekarang buka dengan cepat dan lihat benda hitam itu. Sekarang mungkin Anda perlu mencoba beberapa kali untuk melihatnya sepenuhnya, tetapi kamu akan segera menyadari bahwa objek hitam tampak lebih gelap daripada hitam total kegelapan.

Ketika mata terbuka, lapisan sel peka cahaya di bagian belakang bola mata kamu yang disebut retina dihujani oleh paket energi cahaya yang disebut foton.

Baca juga: Bayi Baru Lahir Hanya Bisa Melihat Warna Hitam dan Putih

Foton adalah sejenis partikel elementer. Atau, mungkin mereka adalah kuantum medan elektromagnetik yang mencakup radiasi elektromagnetik seperti cahaya. Mereka juga pembawa gaya untuk gaya elektromagnetik. Foton-foton tersebut memiliki massa nol. Mereka selalu bergerak dengan kecepatan cahaya dalam kondisi vakum.

Foton mewakili visual seperti pemicu impuls saraf pada retina yang melewati saraf optik ke otak dan gambar visual terbentuk pada retina.

Ketika kamu memejamkan mata atau memasuki kegelapan total, kebanyakan orang melihat bidang abu-abu yang tidak jelas yang biasanya terdiri dari perubahan titik-titik kecil hitam dan putih.

Warna ini disebut Eigengrau, kata Jerman Fechner yang berarti abu-abu intrinsik. Apa yang kamu lihat adalah kebisingan visual dan itu adalah retina statis mata kamu. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply