Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Survei Indikator: Publik Cenderung Ingin PSBB Selesai

Topcareer.id – Menurut hasil survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia, saat ini publik cenderung lebih menginginkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dalam upaya pencegahan penularan virus, segera selesai.

Laporan Indikator yang berjudul Perubahan Opini Publik Terhadap Covid-19: Dari Dimensi Kesehatan ke Ekonomi? mengatakan adanya pegeseran preferensi publik yang signifikan, terkait kebijakan utama penerapan PSBB tersebut.

“Saat ini mayoritas publik lebih menginginkan PSBB dihentikan agar perekonomian bisa segera berjalan kembali, 60,6%, naik secara signifikan dari 43,1% dua bulan lalu,” tulis laporan dari Indikator, yang terbit pada Selasa (21/7/2020).

34,7%, tercatat masih menginginkan PSBB tetap diberlakukan. Angka ini turun secara signifikan dari 50.6% pada dua bulan lalu. Sementara itu, dalam dua bulan terakhir, prioritas ke dimensi ekonomi mengalami lonjakan signifikan.

Saat ini, antara kesehatan dan perekonomian juga tampak lebih berimbang. Secara statistik, tidak berbeda signifikan.

Namun, dibanding temuan sebelumnya, terjadi peningkatan signifikan pada kelompok warga yang berpendapat bahwa sebaiknya pemerintah memprioritaskan ekonomi, sementara prioritas kesehatan menurun signifikan.

Survei ini dilakukan pada 13-16 Juli 2020, terhadap 1.200 responden melalui kontak telepon. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error–MoE) sekitar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.(Feb)

Leave a Reply