Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Sering Memangku Laptop Bisa Ganggu Kesuburan?

Topcareer.id – Pernahkan kamu berfikir atau mengkhawatirkan tentang kualitas kesuburanmu terutama ketika kamu duduk dengan laptop di atas pangkuanmu?

Layaknya komputer biasa, laptop juga bisa menghasilkan gelombang panas ketika mesinnya bekerja. Saat memangku laptop tentu panas eksternal yang dihasilkan laptop akan mengarah ke bagian vital kamu. Jadi, bisakah laptop memengaruhi kesuburan?

Jawabannya kebanyakan tidak.

Mayoritas dokter ahli mengatakan laptop pasti tidak akan memengaruhi kesuburan wanita dan kemungkinan juga tidak akan berdampak besar pada kesuburan pria.

Namun, setidaknya satu dokter, Michael Eisenberg, seorang ahli urologi dan profesor di Stanford University, mengatakan panas eksternal yang dihasilkan laptop menimbulkan risiko kecil bagi pria.

Baca Juga: Tidur Terlalu Lama Ternyata Berbahaya bagi Tubuh

Jika pria khawatir tentang jumlah sperma mereka terganggu akibat panas eksternal dari laptop, mungkin lebih baik jika tidak menggunakan laptop di atas pangkuan dan gunakanlah meja.

Ini tidak akan menjadi penyebab utama masalah kesuburan, tetapi bisa menjadi faktor jika seseorang sudah mengalami masalah kehamilan.

Semua dokter mengutip sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pria yang sering berendam terlalu lama di kolam air panas akan mengalami penurunan kualitas sperma yang signifikan.

Sedangkan laptop tidak pernah menjadi panas seperti bak mandi atau pemadian air panas, jadi dokter tidak khawatir tentang panas eksternal dari laptop.

Bagaimana dengan wanita? Ovarium wanita, di sisi lain berada di dalam tubuh dan tidak reaktif terhadap panas eksternal dari laptop. Jadi wanita pasti akan baik-baik saja.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply