Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, October 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tiga Ngarai, Bendungan di China yang Mampu Lambatkan Rotasi Bumi (Bagian 3)

Topcareer.id – Ketika Bendungan Tiga Ngarai dibangun di China, sebanyak 39 triliun kilogram air dari Sungai Yangtze berada di belakangnya, menumpuk hingga 175 meter di atas permukaan laut. Ini sedikit mengubah momen inersia Bumi, menyebabkan rotasi bergerak lebih lambat.

NASA telah menghitung bahwa bendungan ini memperlambat rotasi sebesar 0,06 mikrodetik. Kecepatan rotasi planet Bumi sebenarnya berfluktuasi cukup sering, karena dapat dipengaruhi oleh gempa bumi, bulan, dan pergerakan Kutub Utara yang disebabkan oleh perubahan iklim.

Namun, pada saat yang sama, bendungan Tiga Ngarai ini tak pelak menjadi subjek kontroversi yang penting dan signifikan. Baik dalam skala nasional, regional, atau bahkan internasional.

Jadi, jika kamu ingin mengetahui ada cerita apa saja di balik Bendungan Tiga Ngarai ini, dan apa yang membuatnya sangat kontroversial, berikut beberapa faktanya.

Bagian akhir dari artikel.

Pembangkit listrik
Bendungan Tiga Ngarai menghasilkan daya sebesar 22.500 MW, 11 kali lebih banyak daripada Bendungan Hoover di Nevada. Jumlah energi yang dihasilkan sangat besar, Bendungan Tiga Ngarai bisa dikatakan mendukung sebagian besar listrik untuk seluruh warga China.

Dampak negatif pada lingkungan
Wilayah sekitar Bendungan Tiga Ngarai adalah rumah bagi 6.400 spesies tanaman, 3.400 spesies serangga, 300 spesies ikan, dan lebih dari 500 spesies vertebrata darat.

Bendungan tidak hanya mempengaruhi spesies ini tetapi juga lingkungan tempat tinggal mereka. Erosi waduk telah memicu tanah longsor dan bahkan telah mengancam salah satu perikanan terbesar di dunia di Laut China Timur.

Bendungan itu sangat besar sehingga telah menciptakan iklim mikro yang telah mengancam ekosistem wilayah tersebut.

Bendungan Tiga Ngarai sangat mahal
Bendungan Tiga Ngarai tidak murah sama sekali. Perkiraan untuk total biaya bendungan berkisar dari USD 25 miliar dan telah melonjak hingga USD 37 miliar menurut beberapa perhitungan.

Proyek ini bahkan mendapat tekanan balik dari parlemen Tiongkok karena biaya ini menyebabkan 140 kota besar, 13 kota kecil, dan 1.600 pemukiman (pemandangan bersejarah) hilang ketika bendungan dibangun.

Memperlambat rotasi bumi
Ketika pembangunan bendungan mencapai maksimum, reservoir menampung 42 miliar ton air. Pergeseran massa ukuran itu mempengaruhi rotasi Bumi, sehingga meningkatkan panjang waktu dalam sehari sebesar 0,06 mikrodetik.(Feb)

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply