Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, November 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Peran Penting Digital Marketing dalam Pengembangan Bisnis

Topcareer.id – Digital marketing adalah aset berharga bagi pertumbuhan bisnis startup dan membantu membangun presentasi online yang berwibawa.

Faktanya, 89 persen pemasar mengatakan metode seperti optimisasi mesin pencari (SEO) dari digital marketing berhasil. Selain itu, metode digital marketing lain seperti iklan bayar per klik (PPC) meningkatkan kesadaran merek audiens sebanyak 80 persen.

Jadi, mengapa digital marketing itu penting? Berikut ini dibahas alasan mengapa digital marketing penting bagi bisnis!

Baca Juga: Ini 5 Kursus Daring Digital Marketing Gratis untuk Kamu Coba

Semakin banyak orang yang berbelanja online

Menurut Forbes, 82% konsumen melakukan riset online, dan Tech Crunch melaporkan, 79% orang melakukan belanja online. Statistik ini memberi tahu satu hal – bahwa belanja online adalah masa depan penuh prospek. Tidak masalah berapa banyak keuntungan yang sudah kamu hasilkan. Mengembangkan bisnis kamu secara online dengan digital marketing akan memberi kamu banyak kelebihan.

Digital marketing merupakan bentuk pemasaran yang paling terukur

Tidak ada yang lebih penting dalam pemasaran selain metrik. Pikirkan teknik pemasaran tradisional seperti menempatkan iklan di koran dan TV. Dua strategi ini, meskipun bermanfaat, tidak dapat diukur. Kamu tidak dapat menentukan secara akurat berapa banyak orang yang membeli produk kamu, karena banyak orang mulai jarang menonton iklan di TV ataupun membaca di koran. Orang-orang sudah cenderung beralih ke gadget seperti smartphone atau tablet untuk mengisi waktu mereka.

Digital marketing adalah yang paling tepat sasaran

Dengan digital marketing kamu bisa menempatkan iklan di tempat yang tepat di hadapan audiens. Terlebih lagi, kamu dapat mensegmentasikan audiens sesuai dengan yang kamu inginkan sehingga kamu tidak akan membuang-buang pengeluaran iklan untuk audiens yang salah. Ambil contoh digital marketing Facebook misalnya, platform ini memungkinkan kamu memilih kelompok usia, jenis kelamin, dan bahkan lokasi geografis yang ingin kamu targetkan.

Baca Juga: Ini Panduan untuk Strategi Digital Marketing yang Bisa Kamu Terapkan

Masuk ke wilayah baru

Di dunia global, kamu tidak bisa hanya bergantung pada pelanggan lokal. Kamu perlu melintasi batas dan mencari pelanggan di negara lain seperti negara tetangga. Digital marketing membuat ekspansi seperti itu jauh lebih mudah dibandingkan dengan iklan tradisional. Digital marketing akan menyajikan iklan bergambar di media sosial, kampanye email, dan layanan penjangkauan blogger yang akan langsung menempatkan produk kamu di hadapan pelanggan di wilayah lain.

Digital marketing sangat mudah beradaptasi

Pertanyaan besar bagi pemilik usaha kecil biasanya “bagaimana jika semuanya tidak berhasil?” Untungnya, digital marketing adalah bentuk pemasaran yang sangat fleksibel. Dan bagian terbaiknya adalah kamu tidak perlu menunggu sampai akhir kampanye untuk melakukan penyesuaian. Misalnya, jika kampanye media sosial kamu tidak sesuai hasil yang diinginkan, kamu bisa menyesuaikan beberapa hal sesegera mungkin dan mengubah penargetan atau pesan yang kamu sampaikan. Dengan media tradisional seperti TV ataupun media cetak, hal ini tidak mungkin. Kamu harus menunggu hingga akhir kampanye, dan saat itu mungkin sudah terlambat.

Digital marketing benar-benar sesuatu yang harus kamu pertimbangkan dengan serius jika kamu ingin membawa bisnis kamu ke tingkat berikutnya.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply