Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, November 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

BKN Sebut 17 Ribu Formasi CPNS Berpotensi Kosong

Topcareer.id – Dalam pemaparan data seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2019, Kepala Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian di Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suharmen menyampaikan ada 17 ribu formasi yang berpotensi kosong.

Menurut Suharmen, hal ini dikarenakan formasi itu tidak memenuhi kuota, atau tiga kali dari jumlah kuota yang tersedia pada satu formasi, atau memang tidak ada yang mendaftar di formasi tersebut.

Namun, kata Suharmen, angka 17 ribu formasi kosong itu belum final sebab dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), instansi terkait bisa melakukan optimalisasi formasi yang ada.

“Jadi kalau sekarang formasinya kosong 17 ribu, nanti instansi bisa saja melakukan optimalisasi pengisian pada formasi-formasi yang kosong,” kata Suharmen dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8/2020).

“Siapa yang akan mengisi? Yang mengisi adalah orang yang memiliki nilai terbaik kedua, tentu saja pendidikan harus sesuai, dan jabatan yang dilamar juga harus sesuai.”

Ia menyampaikan, jumlah formasi kosong itu akan berubah sesuai dengan optimalisasi pengisian formasi yang akan disampaikan oleh kementerian/lembaga terkait kepada Kemenpan RB.

Lebih lanjut ia mengatakan, mereka yang bisa mengisi formasi kosong itu, yakni mereka yang sudah mendapat nilai SKD dan SKB yang digabungkan, untuk dipilih yang terbaik.

“Sekali lagi hasil akhirnya belum tentu 17 ribu, jadi ada optimalisisasi mekanismenya.”**(Feb)

Leave a Reply