Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Pakar: Pengukuran Suhu Di Telapak Tangan Tidak Ideal!

Ilustrasi. (dok. Photo by Tomohiro Ohsumi/Getty Images)

Topcareer.id – Di masa pandemi covid-19 ini, mengecek suhu tubuh, salah satunya dengan thermo gun, adalah sebuah keharusan guna meminimalisir penyebaran virus SARS-CoV-2.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang salah kaprah dengan percaya bahwa thermo gun ini tetap akurat, meski pengecekannya dilakukan pada pergelangan tangan.

Padahal menurut Tim Pakar dan dokter muda Satgas Covid-19 dr. Budi Santoso, dahi, lubang telinga, rongga mulut, ketiak, maupun dubur menjadi bagian tubuh yang paling efektif untuk mengetahui suhu sumbu tubuh yang berada di bagian dalam atau core body temperature.

Baca juga: Thermogun Klinik Dan Thermogun Industri, Ini Bedanya

“Jadi pengecekan suhu tubuh di pergelangan tangan tidak ideal dan kurang akurat,” ungkapnya di Media Center Satuan Tugas Nasional, Jakarta (7/8/2020).

Lebih lanjut Budi mengatakan, antara bagian kepala, tangan dan kaki memiliki suhu yang berbeda, sehingga tidak semua anggota tubuh bisa menjadi tolak ukur pengecekan core body temperature.

“Suhu tubuh pada bagian tangan dan kaki pasti kalau diukur suhunya itu sudah jauh dari suhu sumbu tubuh atau core body temperature. Jadi hasil suhu tubuh yang dihasilkan dari pemeriksaan itu jadi tidak akurat lagi,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply