Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Gagal Wawancara Kerja? Jangan Menyerah. Lakukan 5 Hal Ini

Topcareer.id – Kamu mungkin sering tidak peduli berapa banyak usaha yang kamu lakukan untuk mempersiapkan wawancara kerja, ada saja hal yang tidak beres mengganggu kesiapanmu.

Mungkin kamu terbangun dengan sakit kepala yang hebat atau tidak dapat mengalihkan pikiran dari masalah pribadi yang mendesak.

Apa pun itu, keadaan bisa membuatmu kehilangan fokus dan menghasilkan kinerja yang buruk selama wawancara.

Baca Juga: Ini Isyarat Tubuh Perekrut yang Tunjukkan Kamu Lolos Wawancara Kerja

Berikut ini strategi yang bisa kamu lakukan untuk memfollow up kembali wawancara kerja yang berlangsung buruk dan mencoba mengambil kesempatan kedua.

  1. Ajukan kesempatan kedua
    Tidak ada orang yang ingin gagal dalam wawancara, tetapi percayalah bahwa HRD perusahaan juga manusia dan memahami bahwa orang mengalami hari-hari buruk. Jika kamu pikir dirimu telah merusak sebuah wawancara, jangan menyerah begitu saja. Meskipun tidak ada perbaikan yang pasti, selalu merupakan ide yang baik untuk mengirim email terima kasih setelah wawancara dan tidak ada salahnya untuk menjelaskan dalam catatan mengapa kamu tidak optimal saat wawancara. Kemudian, tanyakan apakah ada cara agar kamu bisa bertemu untuk kedua kalinya. Siapa tahu kamu diberi kesempatan kedua.
  2. Pastikan kamu menjelaskan secara singkat apa yang salah
    Misalnya, “Saya merasa tidak enak badan” atau “Saya biasanya tidak terlambat, tetapi saya mengalami keadaan darurat pengasuhan anak yang tidak terduga.” Jaga agar penjelasanmu tetap sederhana dan singkat.
  3. Tekankan minat kamu pada pekerjaan
    Kamu juga dapat menyebutkan beberapa keterampilan khusus yang kamu kuasai dan bisa kamu aplikasikan pada posisi pekerjaan yang kamu lamar.
  4. Ulangi opsi untuk menghubungi referensi kamu
    Referensi yang kuat dapat meyakinkan pewawancara bahwa kinerja buruk kamu saat wawwancara tidaklah biasa, dan membuktikan kemampuan kerja kamu yang sebenarnya.
  5. Bersiap untuk kesempatan berikutnya
    Persiapkan diri dengan baik sehingga kamu dapat menyelesaikan wawancara berikutnya. Tarik napas dalam-dalam, belajar dari kesalahan. Setelah mendapat kesempatan kedua mantapkan langkahmu untuk melanjutkan.**(RW)
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply