Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Akibat Pandemi, Bartender Manusia Tersingkir Diganti Robot

Topcareer.id – Banyak orang sebenarnya telah mengurangi kunjungan ke bar untuk minum minuman beralkohol selama pandemi. Separuh orang Amerika mengatakan bahwa mereka sama sekali tidak bersemangat untuk kembali ke bar atau tempat minum favorit mereka.

Ketakutan akan ruang tertutup dan kerumunan orang yang berjarak kurang dari jarak yang ditentukan protokol kesehatan bisa mengubah budaya minum untuk waktu yang lama. Dan ini telah mengancam masa depan pekerja bartender.

Pembuat koktail atau bartender robotik telah ada di klub-klub dari Eropa hingga Dubai dan di atas kapal pesiar. Tetapi pandemi Covid-19 mungkin telah membuka pintu ke tahap yang lebih besar.

“Di bar robot seperti kami, tidak ada jenis kontak dengan (orang) karena anda dapat memesan dan membayar melalui ponsel, jadi anda tidak menyentuh apa pun,” kata Emanuele Rossetti, kepala eksekutif Torino, Makr Shakr yang berbasis di Italia.

Baca Juga: Puluhan Jurnalis Dipecat dan Digantikan Robot AI

Yang pasti, ahli mixologi robotik tidak akan memecahkan risiko jarak dekat yang merupakan bagian dari apa yang membuat bar menjadi hotspot yang ideal untuk menularkan virus corona.

Dina Zemke, seorang profesor di Ball State University yang mempelajari bagaimana lingkungan fisik memengaruhi layanan, mengatakan bartender robot lebih merupakan hiburan daripada ahli cocktail yang serius. Dia mengatakan bahwa sementara bartender masih tetap memiliki masa depan.

“Ada opsi semi-robot yang mungkin lebih menarik seperti dispenser otomatis untuk wine dan minuman campuran,” katanya. Dan ada juga pilihan non-alkohol.

Konsep bar benar-benar berubah sekarang. Namun Alan Adojaan, CEO Tallinn, startup Yanu yang berbasis di Estonia, mengatakan bahwa perusahaannya telah menciptakan prototipe robot bartender yang menarik minat dari bandara dan kasino.

“Konsep bar sekarang benar-benar berubah, dan konsep klub malam serta acara umum,” kata Adojaan. Sementara manusia dibutuhkan untuk mengatur robot bartender dan racikannya, robot bartender bertugas mewakili tugas interaksi bartender dengan pelanggan.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply