Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Sosok

Ini Resep Wanita Berusia 102 Tahun yang Selamat dari Flu Spanyol, Kanker, dan Covid-19

Topcareer.id – “Itu tidak buruk.” Itulah yang dikatakan Mildred Geraldine Schappals yang berusia 102 tahun tentang sakit Covid-19 yang pernah dideritanya di tempat tinggalnya di Nashua, New Hampshire.

Mungkin Schappals yang cukup sakit tampaknya tidak terganggu oleh pertarungannya dengan novel virus corona karena dia telah bertahan dari begitu banyak penyakit berat

Schappals lahir di Massachusetts pada tahun pandemi flu Spanyol dan mengidapnya saat masih bayi, di tahun 80-an dan 90-an dia selamat dari kanker payudara kemudian kanker usus besar, dan pada bulan Mei lalu, dia tertular Covid-19 dan kini telah pulih sepenuhnya.

Putri Schappals, Julia Schappals (68), sama sekali tidak terkejut dengan kesembuhan ibunya dari Covid-19. Dia memuji sikap Schappals yang cerdas dan tangguh dengan membuatnya melewati masa-masa sulit.

Baca Juga: Nasib Indera Perasa dan Penciuman Pasien Covid-19, Akankah Pulih?

“Dia selalu berhasil menemukan aspek humor / absurd / menggelikan dari segala hal yang membuat stres,” kata Julia Schappals kepada CNBC Make It.

Schappals mengatakan ibunya tangguh sejak awal. Itu dimulai ketika dia terjangkit apa yang disebut flu Spanyol saat bayi berusia 10 bulan. Angka kematian yang tinggi untuk anak di bawah 5 tahun, dokter mengira Schappals kemungkinan besar akan meninggal.

Pandemi flu 1918-1919 menewaskan sekitar 50 juta orang di seluruh dunia dan lebih dari 675.000 orang di AS, tetapi Schappals selamat.

Schappals lulus dari perguruan tinggi, menikah, memiliki dua anak dan menjadi seorang guru. Tetapi ketika Shappals berusia 60-an, dia didiagnosis menderita kanker payudara dan menjalani terapi radiasi. Kemudian di usia 70-an datang kanker usus besar, di mana dia menjalani operasi dan kemoterapi.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply